Peserta BK Guru SMP, Siap Informasikan Program YESS ke Siswa dan Sekolah

Peserta BK Guru SMP, Siap Informasikan Program YESS ke Siswa dan Sekolah

BANJARBARU, MK - SMK-PP Negeri Banjarbaru, sebagai UPT pendidikan Kementerian Pertanian (Kementan) kembali berhasil menuntaskan Pelatihan Bimbingan Karir Bagi Guru SMP. Kegiatan ini sendiri dilangsungkan mulai 19 hingga 21 Mei 2021.

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 25 orang, di mana peserta berasal dari guru Bimbingan Konseling (BK) lingkup Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu.

Mereka telah mendapatkan beberapa materi dari Bappeda Kabupaten Banjar, Bappeda Kabupaten Tanah Laut, Fasilitator, serta dari PPIU Kalsel yang menjelaskan Pengenalan Program Pemerintah di bidang Pertanian, Kebijakan dan Program bidang Pertanian di Kabupaten Banjar serta Tanah Laut.

Juga tentang Pengembangan Karier dan Profesi Bidang Pertanian, Strategi Integrasi Kegiatan Bimbingan Karir, Penyusunan Program Rencana Aksi serta  kunjungan lapangan lingkup SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Salah satu peserta dari Kabupaten Banjar, M Fahri, tepatnya dari SMP 3 Karang Intan menyebut pelatihan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.

“Mudah-mudahan pelatihan ini menambah pengalaman kami di dunia pertanian, dan saya akan mensosialisasikan program YESS ini kepada anak didik kami, di mana ada program pertanian yang dapat diikuti milenial yang ada kemauan menggeluti dunia pertanian,” tuturnya.

Sementara peserta dari Kabupaten Tanah Laut, Hariyanto dari SMP 5 Takisung mengatakan, kegiatan ini sangat prospek sekali bagi dirinya sekaligus sekolahnya.

"Nanti setelah di sekolah kita akan koordinasi dengan Kepala Sekolah, siswa kita, dan alumni kita karena program YESS ini bagus,” terangnya.

Terakhir peserta dari Kabupaten Tanah Bumbu, Rusli dari SMP 4 Kusan Hilir menyebut kegiatan 3 hari ini sangat singkat tapi bermanfaat untuk memperkenalkan pertanian.

"Karena kita juga diajak untuk melihat pameran pertanian. Nanti kami akan coba mensosialisasikan ke anak didik kami dan pendekatan ke orang tua bagaimana pertanian unggul terutama di Tanah Bumbu,” jelasnya.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan salah satu kegiatan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan oleh Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalimantan Selatan yaitu SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Kementerian Pertanian (Kementan) sendiri akan terus berupaya untuk mengedukasi serta memotivasi generasi muda agar mau terjun pertanian, seperti dijelaskan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Generasi milenial adalah penentu kemajuan pembangunan pertanian di masa depan. Tongkat estafet pembangunan pertanian, ada pada pundak generasi muda,” ucap Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan jika sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial. 

“Generasi milenial bisa menggunakan kreativitas dan inovasinya. Sehingga, pertanian ke depan menjadi modern. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, tetapi juga berorientasi ekspor,” paparnya.[advertorial/wd]

Penulis : Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru


Lebih baru Lebih lama