Prioritaskan Pembangunan, Abdul Hadi akan Perbaiki Jalan dan Jembatan di Berbagai Wilayah

Prioritaskan Pembangunan, Abdul Hadi akan Perbaiki Jalan dan Jembatan di Berbagai Wilayah

PARINGIN, MK - Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menjadi prioritas Bupati Balangan H Abdul Hadi  di beberapa wilayah di Kabupaten Balangan. Hal tersebut guna perubahan dan menuju kesejahteraan masyarakat Balangan yang lebih baik.

Salah satunya, Abdul Hadi bakal melakukan perbaikan jalan Desa Gunung Batu - Desa Dayak Pitap di tahun 2022 nantinya.

Hal tersebut disampaikannya pada sambutannya dalam acara peresmian objek wisata air terjun Riam Bainggi di Desa Dayak Pitap, Kecamatan Tebing-Tinggi, Minggu (16/5/2021).

Ia menyebutkan dalam perjalanan menuju Desa Dayak pitap pihaknya telah melewati rintangan jalan dan medan yang sulit serta ada kubangan jalan.

"Di tahun 2022, itu kita telah menganggarkan Rp10 miliar, untuk perbaikan jalan dari Desa Gunung Batu ke Desa Dayak Pitap, supaya semua tuntas dalam satu tahap," ujarnya.

Tidak hanya jalan Desa Gunung Batu - Desa Iyam, jalan Desa Auh - Kambiyain dan jalan dari Desa Langkap ke Desa Ajung, juga akan dilakukan pengerasan dengan dilakukan pengaspalan, serta  di tahun 2022 nantinya pihaknya juga melakukan perbaikan jalan dari Desa Ajung Kecamatan Tebing-Tinggi ke Desa Binuang Santang  Kecamatan Halong.

"Sehingga dengan begitu, warga Desa Ajung dan Kecamatan Tebing Tinggi pada umumnya, jika ingin pergi ke Binuang santang atau Halong, bisa melalui jalur Ajung - Binuang Santang, sehingga lebih dekat dan tidak melalui rute yang memutar," ujar Bupati Balangan.

Pada kesempatan tersebut Ia juga mengatakan terkait anggaran ditahan 2021 dan 2022 yang jauh menurun, dimana angkanya hampir 400 hingga 500 miliar, karena penurunan transfer dari kementerian keuangan dana alokasi umum dan dana bagi hasil batu bara.

Meskipun demikian, Ia sudah melakukan pembagian pagu-pagu indikatif kepada setiap SKPD karena pihaknya ingin menjalankan visi mereka yaitu Membangun Desa Menata Kota.

Tentunya yang paling dirasakan oleh masyarakat adalah pembangunan jalan dan jembatan,  sehingga kita tidak melakukan pembangunan kantor ataupun rehab kantor, kecuali jalan dan jembatan sudah bagus di kabupaten Balangan. Program di tahun 2022 lebih memfokuskan untuk melakukan perbaikan jalan dan jembatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan Tuhalus mengatakan, di tahun 2021 pihaknya sudah menganggarkan untuk perbaikan jembatan yang ada tiga titik dengan pembangunan jembatan Box culvert.

"Itu sudah kita anggarkan di 2021, hanya memang lelangnya nanti akan kita laksanakan di bulan Mei akhir ini. Kita menganggarkan dari tiga jembatan Box culvert sekitar Rp1 miliar. Dan insya Allah selesai di Tahun 2021," ucapnya.
 
Dilanjutkan olehnya di tahun 2022, akan kita lanjutkan dengan pengaspalan, sebagian juga ada yang dirigit dengan angka hampir Rp8 miliar. 

Dengan melihat kondisi jalan yang ada ini  hampir 3 kilometer yang ternyata masih dalam keadaan rusak berat, sehingga ini  lah yang akan perbaiki. 

"Insya Allah 2022 tuntas dari Muara Pitap ke Awayan, Awayan ke Sumsum, kemudian dari Auh ke Kambiyain dan dari Gunung Batu ke Iyam," pungkasnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama