Pimpinan DPRD Pulpis Ini Dukung Gagasan Pembukaan Poros Jalan Pulpis-Gumas

Pimpinan DPRD Pulpis Ini Dukung Gagasan Pembukaan Poros Jalan Pulpis-Gumas

PULANG PISAU, MK - Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau H Ahmad Fadli Rahman mendukung sepenuhnya gagasan dan usulan Ketua DPRD Kalteng Wiyatno untuk membuka poros jalan baru, yakni Pulang Pisau-Gunung Mas (Gumas).

Poros jalan baru tersebut, menurut H Fadli sapaan akrab anggota DPRD senior itu, tentunya akan berdampak positif bagi warga Pulang Pisau terutama untuk mengangkut hasil pertanian serta mempermudah akses pelayanan administrasi bagi kecamatan yang berada di sebelah hulu Kabupaten Pulang Pisau seperti Kecamatan Banama Tingang, Bukit Rawi tanpa harus melewati Kota Palangka Raya jika ingin menuju ibukota Kabupaten Pulang Pisau.

"Selain itu, poros jalan baru ini juga memperpendek jarak bagi beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas seperti Kecamatan Kapuas Tengah, Timpah, Pasak Telawang, Mandau Telawang dan Sungai Hanyu yang juga tanpa harus melewati Kota Palangka Raya," kata Fadli, Kamis (27/5/2021).

Atas gagasan dan usulan tersebut, dirinya secara pribadi sangat mendukung dan mengapresiasi kepada DPRD Kalteng, khususnya kepada Ketua DPRD Kalteng.

Tidak hanya itu, lanjut H Fadli, pembukaan poros baru ini juga akan mendukung program nasional Food Estate. Dimana, akan memudahkan pengangkutan hasil pertanian singkong yang ditanam di wilayah Kabupaten Gumas menuju Pelabuhan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau.

Dia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas PUPR Pulpis untuk menindaklanjuti usulan DPRD Kalteng tersebut.

"Kami dari DPRD Pulpis mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Provinsi Kalteng khususnya DPRD Provinsi Kalteng Dapil V, dan juga terima kasih kepada Balai Jalan Nasional yang juga memerhatikan wilayah kami untuk membuka akses jalan baru," terang legislator PDI Perjuangan ini.

Seperti diketahui, DPRD Kalteng telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat RI melalui Kementerian PUPR, dalam hal ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Kalteng agar segera menyusun desain dan menyediakan anggaran untuk membuka akses jalan baru Pulpis-Gumas.

Akses jalan baru tersebut direncanakan mulai dari Desa Gohong Kabupaten Pulang Pisau menuju Desa Sigi Kabupaten Pulang Pisau dan langsung menuju arah Gumas dengan panjang ruas jalan kurang lebih 70 kilometer.

Sementara jalan yang sudah ada jaraknya mencapai 150 kilometer. Dengan demikian dapat memperpendek jarak hingga 50 persen dari jarak tempuh melewati jalan sebelumnya, demikian H Ahmad Fadli Rahman.[manan]

Lebih baru Lebih lama