Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Ini Pesan Gubernur Kalteng

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Ini Pesan Gubernur Kalteng

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Rabu (5/5/2021) yang digelar di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng.

Gubernur mengatakan, apel gelar pasukan sebagai bentuk  pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021 dalam rangka  pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijiriah.

"Keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya," katanya saat membacakan sambutan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Ia menjelaskan, pada tahun 2021 ini pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. 

Larangan pemerintah ini tidak serta merta dipatuhi masyarakat, sehingga potensi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masih cukup tinggi.

"Pengalaman tahun lalu berbagai modus dilakukan masyarakat untuk mengelabui petugas agar dapat lolos sampai di tempat tujuan mudik. Hal ini tentu menjadi pembelajaran bagi kita dan lebih utama lagi begitu tinggi niat serta gigihnya masyarakat agar dapat melakukan perjalanan mudik, sehingga perlu antisipasi dan kesiapan petugas," jelasnya.

Lebih lanjut, Gubernur yang membacakan sambutan Kapolri, menuturkan, Operasi Ketupat 2021 akan difokuskan untuk memperkiraan ancaman, cara bertindak dan penggelaran personel, sehingga diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaannya, untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Usai kegiatan, Gubernur, Kapolda, Danrem dan forkopimda melakukan koordinasi internal dalam upaya pencegahan potensi sebaran Covid-19 dengan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menunda mudik.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama