Melalui SMKPPN Banjarbaru, Kementan Kembali Gelar Open Day Ke-2

Melalui SMKPPN Banjarbaru, Kementan Kembali Gelar Open Day Ke-2

BANJARBARU, MK - Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. 

Kali ini, Selasa (25/5/2021), SMK-PP Negeri Banjarbaru, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU), kembali menggelar Pameran Pertanian bertajuk Open Day, Selasa (25/5/2021). Ini sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.  

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan, dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS. 

"Pertama program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," paparnya.

Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, SMK-PP Negeri Banjarbaru lembali melaksanakan pameran pertanian bertajuk Open Day untuk tahap 2 di lahan praktik SMK-PP N Banjarbaru.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso menerangkan, hari ini program YESS melalui PPIU Kalsel mengadakan Open Day atau Pameran Pertanian yang dilaksanakan di lahan praktik SMK-PP N Banjarbaru.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menarik masyarakat sekitar untuk berminat di bidang pertanian, dan mudah-mudahan Open Day berjalan lancar dan pameran ini tentu menerapkan protokol Kesehatan," jelas Budi.

Pelaksanaan Open Day di Lahan Praktik Haji Idak ini menampilkan berbagai hasil pertanian, teknologi, budidaya baik hasil dari kelompok PWMP, KWT, BPP Kostratani serta Desa Mitra SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Selain itu, Open Day ini juga akan dilaksankan di kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu sebagai tempat Program Yess dengan bekerja sama dengan SMK Pertanian di daerah masing-masing.

Produk-produk yg di pamerkan di antaranya sayur segar hidroponik, selada, pakcoy, paket sayur siap olah lemon, sayur segar, beras kemasan, frozen food, aneka sambal, aneka kripik, aneka herbal instan, jamu segar, minuman sehat susu jelly dan sari buah, black garlic dan masih banyak lagi.[advertorial/wd]

Penulis : Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama