Masa Kerja 100 Hari, Pemimpin Kotabaru Resmikan Panen Raya

Masa Kerja 100 Hari, Pemimpin Kotabaru Resmikan Panen Raya

KOTABARU, MK - Menjelang masa kerja 100 hari, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama Wakil Bupati Andi Rudi Latif meresmikan panen raya padi sawah oleh Kelompok Tani Merdeka Indah Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, Selasa (25/5/2021).

Panen raya sebanyak 7 ton ini berada di lahan seluas 37 hektare yang dikelola oleh Poktan Merdeka Indah.

Sayed dalam sambutannya menyampaikan, panen raya ini adalah bentuk kerja sama antara Pemerintah Daerah dan Kementerian Pertanian. Program ini sudah berjalan sejak awal menjabat menjadi Bupati Kotabaru, sesuai dengan visi misi Pemerintah.

"Panen raya ini rata-rata memproduksi padi di Desa Langadai sekitar 3 sampai 3,5 ton per hektarenya. Kemudian untuk tahun ini dari Bupati melalui dana APBD memberikan bantuan pendampingan seluas 137 hektare untuk 1 kecamatan," paparnya.

Sayed berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan produksi mencapai 7 ton per hektarenya, yang mana sebelumnya rata-rata produksi hanya mencapai 3,5 ton.

Pada kesempatan itu, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan Perwakilan Kementerian Pertanian, Dr Muhammad Amin mengatakan, panen yang dilaksanakan di Desa Langadai ini adalah sinegritas Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam mendukung Strategis pertanian di Kotabaru.

"Untuk itu kami hadir di tengah masyarakat dalam meningkatkan produksi di sektor pertanian, sesuai dengan visi misi Bupati, di antaranya adalah pertanian," tuturnya.

Jadi, lanjutnya, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 sektor pertanian mengalami peningkatan 14 persen. Pemerintah daerah akan terus mendukung masyarakat untuk meningkatkan hasil sektor pertanian lebih.

Selanjutnya, pemerintah daerah memberikan bantuan berupa Dempran alat untuk peningkatan mutu intensifikasi lahan seluas 10 hektare, untuk Poktan Rinding Aluh dan Poktan Merdeka Indah. Kemudian memberikan bantuan bibit benih padi hibrida, dan bubuk tikus serta jaring burung.

Panen raya padi ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Forkopimda, Kepala SKPD, dan Forkopimca serta tokoh masyarakat.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama