Komisi IV DPRD Kapuas Dorong Penyelesaian Pembangunan Sarana Penunjang SMPN Pasak Talawang

Komisi IV DPRD Kapuas Dorong Penyelesaian Pembangunan Sarana Penunjang SMPN Pasak Talawang

KUALA KAPUAS, MK - Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas mendorong tindak lanjut dan penyelesaian pembangunan sarana penunjang belajar, yaitu laboratorium yang ada di SMPN 1 Kecamatan Pasak Talawang.

Sebab pada perjalanannya pembangunan laboratorium sekolah yang bersumber dana DAK tahun 2020 terkendala masalah, kini pembangunannya belum dilanjutkan. 

"Berdasarkan aspirasi yang disampaikan masyarakat kami dari Komisi IV DPRD Kapuas menindaklanjuti, menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kepala SMPN 1 Kecamatan Pasak Talawang," kata Didi Hartoyo, Anggota DPRD Kapuas, Selasa (25/5/2021).

Menurut Didi yang juga Sekretaris Komisi IV DPRD Kapuas ini, diketahui Disdik Kapuas telah melakukan upaya pemanggilan kepada kepala sekolah bersangkutan, namun tidak koperatif hingga yang bersangkutan dinonaktifkan dan mengganti dengan kepala sekolah yang lain.

Pada tanggal 25 Februari 2021 lalu, Disdik meminta Inspektorat memanggil yang bersangkutan terkait tanggung jawabnya.

Setelah dipanggil maka Disdik meminta kejelasan pertanggungjawaban dari Dana DAK dikelola kepsek tersebut hingga akhirnya ada kesimpulan. 

"Saat pencairan tahap kedua dikucurkan yang diminta Disdik pertanggungjawabannya karena tidak dilaksanakan. Diberikan batas waktu sampai 6 Juni 2021. Apabila yang bersangkutan tidak dapat mengembalikan uang tersebut maka memang ada semacam jaminan surat sertifikat tanah bersangkutan untuk menyelesaikan pertanggungjwaban pembangunan gedung tersebut," jelasnya.

Kendati begitu, kata Politisi PDP ini, ada komitmen dari Kadisidik Kapuas untuk menyelesaikan pembangunan laboratorium tersebut.

"Kami dari komisi IV berharap ini dapat diselesaikan dengan baik. Namanya masyarakat tidak peduli bangunan bermasalah atau tidak tapi mereka tahunya selesai. Itu yang kita pertanyakan apakah ini ada jaminan selesai," tandasnya.

Ditegaskannya bahwa hal itu merupakan aspriasi dari masyarakat yang disampaikan ke DPRD meminta pembangunan laboratorium sarana penunhang belajar mengajar itu agar 
segera diselesaikan.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama