Komisi III DPRD Pulpis Tinjau Kelengkapan Sapras Pelabuhan Bahaur

Komisi III DPRD Pulpis Tinjau Kelengkapan Sapras Pelabuhan Bahaur

PULANG PISAU, MK - Komisi III DPRD Pulang Pisau melaksanakan kegiatan peninjauan Pelabuhan Bahaur, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau.

Ketua Komisi III DPRD Pulang Pisau H Ahmad Jayadikarta, saat dihubungi, Sabtu (22/5/2021) menginformasikan, monitoring dewan dilakukan terhadap beberapa aspek penunjang operasional pelabuhan, seperti sarana dan prasarana, infrastruktur Pelabuhan Bahaur.

“Kita ingin infrastruktur penunjang Pelabuhan Bahaur ini segera dibangun atau diperbaiki, sebab Pelabuhan Bahaur ini merupakan pelabuhan multifungsi untuk pelayaran kapal-kapal yang mengangkut penumpang, barang dan jasa dari Kalteng ke Pulau Jawa, maupun sebaliknya dari Jawa ke Kalteng,” ujar Jayadikarta.

Ditambahkan Jayadi, peninjauan Pelabuhan Bahaur yang dilakukan Komisi III juga terkait dengan bagaimana upaya pendayagunaan fungsi pelabuhan Bahaur, baik sarana dan fasilitas pelabuhan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Terkait aset pelabuhan Bahaur, Komisi III mendesak agar segera diusulkan pengelolaannya diambil alih oleh Pemkab Pulpis.

"Hasil monitoring kami, listrik pelabuhan sudah banyak rusak dan putus ditambah masih sebagian penerangan yang menggunakan solar seal. Yang ada hanya gedung atau ruangan pelabuhan saja yang menggunakan aliran PLN,” kata Jayadi.

Dengan dikelola oleh Pemkab Pulang Pisau, pihaknya berharap keberadaan Pelabuhan Bahaur ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan yang berdampak pula bagi peningkatan pendapatan daerah karena posisinya yang strategis berada di wilayah tengah Provinsi Kalteng.

"Selain meninjau Pelabuhan Bahaur, Komisi III DPRD Pulpis juga meninjau lokasi pengusulan dermaga masjid Al Ikhlas Bahaur Tengah dan pengusulan dermaga musala Bahaur Hilir," tutupnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama