Intensitas Hujan mulai Tinggi, Hermanes Ingatkan Warga Waspada Banjir

Intensitas Hujan mulai Tinggi, Hermanes Ingatkan Warga Waspada Banjir

BUNTOK, MK - Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan, Hermanes mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Buntok, khususnya di bantaran DAS Barito untuk terus meningkatkan kewaspadaan menyusul tingginya intensitas hujan sejak seminggu terakhir.

Menurut Hermanes, meski saat ini belum terjadi musibah, tetapi harus tetap waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi. Karena saat ini kabupaten tetangga sudah dilanda bencana banjir yang sangat merugikan masyarakat.

“Meski hingga kini belum ada musibah, namun yang namanya bencana alam bisa terjadi setiap saat, dan tidak ada satu manusia pun yang mampu melihatnya, yang jelas kita harus waspada banjir kiriman bisa saja terjadi,” kata politisi PDI Perjuangan ini, Selasa (25/5/2021).

Dia menambahkan, turunnya hujan yang terus menerus dengan intensitas tinggi memungkinkan terjadi bencana alam, seperti banjir, abrasi pantai dan bencana lainnya sangat berpotensi.

“Curah hujan di Kalimantan Tengah (Kalteng), sudah merata, lebih khusus di Barsel setiap hari mendung dan malam harinya hujan. Warga tentu diminta untuk secara bijaksana membersihkan saluran air agar terhindar banjir drainase," ucapnya.

Ini karena, lanjutnya, sejumlah tempat yang berada di daerah perhuluan kecamatan yang dekat dengan aliran Sungai Barito setiap kali hujan deras, terjadi banjir. 

"Itu sebabnya diminta peran serta masyarakat untuk tetap aktif dalam membersihkan selokan air, serta tidak membuang sampah di aliran sungai," pungkasnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama