Hujan hingga Sungai Meluap, Enam Kecamatan di Kapuas Terendam Banjir

Hujan hingga Sungai Meluap, Enam Kecamatan di Kapuas Terendam Banjir

KUALA KAPUAS, MK - Banjir melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Berdasarkan data Pusdalops PB BPBD Kapuas, pada Kamis 20  Mei 2021, setidaknya ada 5 wilayah kecamatan yang terendam, dengan ketinggian debit air bervariasi dari 30 sampai 150 sentimeter.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Jumat (21/5/2021) menyampaikan, 5 wilayah yang terendam, yakni Kecamatan Mandau Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Pasak Talawang dan Kecamatan Timpah.

"Kami menerima laporan kejadian banjir pada Selasa, 18 Mei 2021 pukul 20.00 WIB. Penyebab banjir hujan dengan intensitas tinggi dan terjadi luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas," beber Panahatan.

Lanjutnya, masih dalam pendataan korban terdampak kurang lebih 252 kepala keluarga.

Akibat banjir, 165 rumah dan 1 fasilitas rumah ibadah terendam, selain itu bangunan fasilitas umum yang turut tergenang saat ini masih dalam pendataan BPBD Kapuas.

"Untuk askses jalan terendam di 10 titik dengan ketinggian air bervariasi antara 30 sampai 150 sentimeter. Saat ini kami masih berkoordinasi dengan instansi terkait dan melakukan kaji cepat di lokasi kejadian," paparnya.

Sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa, luka-luka, sakit dan hilang serta belum ada lapiran warga yang mengungsi akibat banjir itu.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama