Dini Hari Masjid Nurul Yakin Handil Sepakat Kapuas Dilalap si Jago Merah

Dini Hari Masjid Nurul Yakin Handil Sepakat Kapuas Dilalap si Jago Merah

KUALA KAPUAS, MK - Musibah kebakaran menimpa Masjid Nurul Yakin berlokasi di Handil Sepakat Rt 22, Keluran Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalteng. 

Kebakaran masjid berkonstruksi bahan dasar kayu tersebut terjadi Kamis, 25 Mei 2021 sekira jam 03.00 WIB.

Kapolsek Selat, AKP Krisistya, melalui rilis yang diterima media ini, Selasa (25/5/2021) menyampaikan, pasca kejadian, personel Polsek Selat, anggota Pospol Pulau Kupang dan Lurah Pulau Kupang mengecek langsung ke lokasi kejadian kebakaran itu.

Dari ketrangan saksi mata, Ahmad Gajali, (52) yang merupakan kaum masjid tersebut menuturkan, api sudah berkobar membakar bagian plafond masjid saat pertama dia mengetahui kebakaran.

"Dari keterangan yang kami himpun saat kejadian itu saksi tidak berani memadamkan karna karena pecahan kaca dan api semakin membesar," ungkapnya.

Lanjutnya, dari keterangan saksi Parto (30) warga setempat, pada pukul 03.00 WIB, saksi melihat percikan api berasal dari kilometer listrik dan langsung membesar kemudian menyambar bagian plapond masjid berbahan kayu plywood yang di dalam masjid.

Lurah Pulau Kupang, Udit menjelaskan bahwa lokasi terjadinya kebakaran masjid itu hanya bisa di jangkau dengan transportasi air, dikarenakan posisi lokasi berada di dalam Handel.

"Pemadaman, terkendala tidak adanya alat pemadam kebakaran yang berada di dalam masjid dan milik pribadi masyarakat sekitar," ungkapnya.

Bangunan masjid yang terbakar diperkirakan sudah berusia 60 tahun, dengan ukuran 8 x 8 meter persegi, dengan bahan bangunan kayu pada dinding masjid, beratap seng, plapond plywood, dan lantai keramik.

"Dengan kondisi bangunan sudah dilakukan rehab untuk bagian lantai dengan lama kurang lebih 5 bulan sebelum terjadi kebakaran," pungkasnya.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama