Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2021, Bupati Edy Pratowo Sampaikan Amanat Kapolri

Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2021, Bupati Edy Pratowo Sampaikan Amanat Kapolri

PULANG PISAU, MK - Bertempat di halaman Mako Polres Pulang Pisau, Polda Kalteng, Rabu (5/4/2021) berlangsung apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2021.

Kegiatan turut dihadiri Kejari Pulang Pisau. Kegiatan. Apel gelar pasukan tahun ini melibatkan personel Polres Pulang Pisau, TNI, Satpol PP, dan Dishub, BPBD, Dinkes Pulang Pisau. 

Sebagai Inspektur ucapara, Bupati Edy Pratowo   didampingi Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto menyampaikan sambutan sekaligus amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, operasi tahun ini dengan mengedepankan kegiatan deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Sehingga dengan itu, masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman," ucap Bupati Edy dalam poin sambutan Kapolri.

Kemudian, lanjutnya, pelaksanaan operasi ketupat tahun 2021 ini, secara umum melibatkan 90.592 ribu personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya, terdiri Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Jasa Raharja dan lain-lain.

"Seluruh personel tadi akan ditempatkan pada 333 pos penyekatan untuk mengantisipasi warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 pos untuk pengamanan terkait gangguan Kamtibmas, dan 596 pos pelayanan serta 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian," katanya.

Masih dalam poin amanat Kapolri, dalam pelaksanaan ini para petugas wajib mematuhi 5 M dan protokol kesehatan. 

"Jadi, menghadapi lebaran ditengah Pandemi Covid-19 ini, bersama bahu-membahu mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan wabah tersebut. Dengan itu jangan menjadikan kita lengah dan mengabaikan protokol kesehatan," pungkasnya.

Sementara, secara teknis disampaikan Kapolres Pulang Pisau, pelaksanaan operasi ini dilakukan secara terpadu dengan menyiapkan beberapa pos pengamanan, termasuk pos di wilayah Bahaur (Kahayan Kuala) sebagai lokasi pelabuhan penyebarangan antar pulau.

"Ya kami berpesan, agar masyarakat terus menerapkan 5 M dan Prokes, khususnya saat pelaksanan ibadah. Untuk operasi Telabang tahun ini berlangsung selama 12 hari yang dimulai pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 kedepan," ucap Kapolres AKBP Yuniar kepada awak media usai apel gelar pasukan.[manan]


Lebih baru Lebih lama