Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat, Ini Pesan Wabup Kotabaru

Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat, Ini Pesan Wabup Kotabaru

KOTABARU, MK - Apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat "Ketupat Intan 2021" diinspekturi Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif di lapangan apel Polres Kotabaru, Rabu (5/5/2021).

Apel ini dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1442 H sekaligus sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat Intan 2021, baik itu aspek personel maupun sarana prasarana.

Juga terkait keterlibatan unsur, seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya, sehingga tidak banyak melibatkan peserta apel mengingat masih pandemi Covid-19.

Dalam amanat Kapolri, Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan Wabup Andi mengatakan, Operasi Ketupat Intan 2021 ini akan dilaksanakan selama 12 hari ke depan, mulai 6 hingga 17 Mei 2021, dengan mengedepankan pencegahan dukungan deteksi dini dan penegakan hukum, dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ini guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19, sehingga masyarakat kotabaru dapat merayakan hari raya Idul Fitri 1442 H dengan rasa aman dan nyaman saat pelaksanaan nanti," ujar Andi.

Operasi Ketupat Intan 2021 ini akan melibatkan 90.592 personel Polri, TNI sebanyak 11.533 personel, kemudian personel Satpol-PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, serta Jasa Raharja dan lainnya sebanyak 52.880 personel.

Personel tersebut akan ditempatkan di 333 Posko penyekatan untuk masyarakat yang masih nekat melaksanakan mudik, dan 1.536 Posko pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan kamseltibcar Lantas. 

Kemudian 596 Posko Pelayanan dan 180 Posko terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun terminal, bandara, pelabuhan, hingga tempat wisata dan lain-lain.
 
Tampak hadir dalam gelar Pasukan, Kapolres kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Roy Fakrul Rozi, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto, Kajari Kotabaru Andi Irfan Syafruddin, serta Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama