Secara Pribadi, Gubernur Sugianto Bantu Petinju Hamson Eyger

Secara Pribadi, Gubernur Sugianto Bantu Petinju Hamson Eyger

PALANGKA RAYA, MK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sangat berbangga atas kemenangan yang diraih petinju profesional Hamson Eyger. 

"Atas kemenangan ini Pemprov Kalteng turut berbangga, dan semoga lebih banyak lagi pihak berpartisipasi dan mendukung olahraga tinju profesional ini," ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng, Falery Tuwan dalam rilisnya yang diterima media ini, Minggu (18/4/2021).

Mengikuti beberapa pemberitaan di media sosial mengenai petinju profesional Hamson Eyger yang diberitakan berhasil meraih Juara Internasional Tinju Profesional WBC, Falery Tuwan menyatakan telah melakukan konfirmasi melalui sumber yang ada di pusat, bahwa Hamson Eyger telah mengalahkan petinju profesional Jack Langedi Timor dari HTW Boxing Jakarta Indonesia untuk perebutan peringkat nasional dalam partai tambahan (pertandingan tinju non title versi ATI) pada Event Partai Utama Peringkat WBC yaitu TIBO Indonesia vs TOTO Philippine di Balai Sarbini Jakarta tanggal 14 April 2021.

Dalam rilisnya juga, Falery Tuwan mengungkapkan bahwa Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran telah memberikan bantuan keuangan pribadi secara langsung kepada petinju profesional Hamson Eyger beberapa waktu lalu. 

"Hal ini menunjukkan keseriusan dan komitmen Bapak Gubernur Kalteng dalam mendukung pengembangan olahraga di Kalteng," ungkapnya.

Pemprov Kalteng, lanjutnya, turut memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap berkembangnya olahraga profesional di Kalteng. 

Pemprov Kalteng juga berharap semakin banyak pihak yang berpartisipasi memberikan dukungan terhadap perkembangan olahraga profesional di Kalteng.

Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman APBD, maka olahraga profesional ini tidak bisa dianggarkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi sampai Kabupaten/Kota.

"Saat ini Undang-Undang dan Permendagri tersebut sedang digodok di pusat agar olahraga profesional diperbolehkan mendapat dukungan finansial dari pemerintah. Kita doakan saja," bebernya.

Perkembangan olahraga di Kalteng dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat, hal tersebut dibuktikan dengan adanya regenerasi dari berbagai macam cabang olahraga yang ada di Kalteng. 

Dukungan Pemprov tetap konsisten dengan mengacu pada Perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku. 

Selain pembenahan sarana dan prasarana pendukung juga melakukan pembinaan cabang olahraga prestasi non profesional (amatir), diantaranya dengan memberikan tugas kepada KONI Kalteng mempersiapkan kontingen Kalteng pada PON XX Papua Tahun 2021.

Persiapan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar, dan partisipasi Kalteng dalam dalam beberapa even nasional yang akan dibuka di saat Pandemi Covid-19 dengan penerapan disiplin protokol kesehatan.

Selain perkembangan olahraga di Kalteng juga mengikuti perkembangan olahraga secara nasional seperti berkembangnya olahraga profesional yang semakin tumbuh subur di tanah air dalam beberapa cabang olahraga seperti Sepakbola, Futsal, Tinju, Basket, Bola Volly dan lain-lain. 

"Untuk itu Pemprov Kalteng turut memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap berkembangnya olahraga profesional di Kalteng," tutupnya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama