Peringati Hari Bumi, Sebuku Coal Lakukan Penanaman Bibit Pohon

KOTABARU, MK - Memaknai Hari Bumi Sedunia (HBS) ke-51 yang dilaksanakan serentak, Sebuku Coal melaksanakan penanaman ribuan bibit pohon di lahan reklamasi PT Sebuku Tanjung Coal (STC) di IPD Pit T2, Desa Selaru, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kamis (22/4/21).

Di awal sambutannya, Kepala Teknik Tambang (KTT) STC, Zulfikar Darwin mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari PT Sebuku Batubai Coal (SBC),  PT Sebuku Sejakah Coal (SSC) serta para kontraktor dan subkontraktor yang ikut memperingati HBS atau Earth Day yang diperingati setiap 22 April. 

Hari Bumi merupakan sebuah gerakan kepedulian terhadap lingkungan dalam keberlangsungan hidup dimuka bumi. Ini menjadi sebuah alasan bagi seluruh manusia tentang seberapa besar kesadaran, kepedulian dan apresiasi manusia terhadap planet bumi yang ditempati oleh berbagai mahluk hidup. 

Tahun 2021 merupakan peringatan Hari Bumi ke-51 dari lahirnya sejak 1970 silam. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memperingatinya, di antaranya dengan menyadari dalam membuang sampah pada tempatnya. Karena dengan cara begini dapat dicegah rusaknya lingkungan baik dari keindahan maupun kesehatan. 

"Kami dari Sebuku Coal dalam peringatan Hari Bumi ini mengajak kepada seluruh karyawan baik perusahaan kontraktor maupun subkontraktor untuk dapat bersama-sama membantu dalam melestarikan bumi kita ini sesuai dengan tema yang diusung, "Lestarikan Bumi Demi Terciptanya Lingkungan yang Asri," tutur Zulfikar. 

Bibit pohon yang ditanam, lanjutnya, berjumlah seribu lebih dengan jenis tanaman yang berbeda-beda, seperti bibit pohon sengon, trambesi, jarak, bibit pohon langsat dan yang lain dipusatkan di area lahan yang direklamasi PT STC.

Sebagai salah satu perusahaan tambang di Kabupaten Kotabaru, Sebuku Coal akan tetap selalu eksis serta peduli terhadap kelestarian lingkungan dan sebagai bukti nyata di Hari Bumi, di mana tahun lalu Sebuku Coal juga melaksanakan penanaman bibit pohon serta di hari peringatan-peringatan lingkungan Sebuku Coal selalu tampil di depan. 

"Ayo, kita menanam pohon ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan serta kelangsungan anak cucu kelak dikemudian hari," ungkapnya. 

Senada, Ketua Pelaksana Kegiatan Rully Bangkit Nugraha mengatakan, ini merupakan tahun kedua Sebuku Coal melaksanakan penanaman bibit pohon di peringatan Hari Bumi.

Penanaman bibit pohon ini merupakan bentuk pelestarian, karena ini merupakan sebuah tanggung jawab perusahaan untuk melakukan revegetasi dan reklamasi terhadap lahan bekas tambang. 

"Alhamdullilah bibit yang diperoleh hasil dari pemberdayaan kerjasama dengan masyarakat sekitar, di mana sudah ada kerjasama di setiap desa di Kecamatan Pulau Laut Tengah ini dengan pihak perusahaan," ungkap Rully sapaan akrabnya. 

"Untuk jenis pohon yang ditanam, yakni jenis pohon pionir dan bibit pohon lokal. Hal inilah yang dilakukan agar dapat bermanfaat nantinya dikemudian hari," pungkasnya.[zainuddin]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar