Hj Mukaramah: Wujudkan Kesetaraan Gender

Hj Mukaramah: Wujudkan Kesetaraan Gender

PALANGKA RAYA, MK - Setiap tanggal 21 April warga Negara Republik Indonesia memperingati hari Kartini.

Terkait itu, anggota DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah mendorong kaum perempuan untuk menjadikan hari Kartini tersebut sebagai momentum penyemangat serta motivasi untuk lebih berperan aktif dalam berbagai lini pembangunan.

"Kita baru saja mempeeingati hari Kartini, dimana peringatan hari Kartini ini harus dijadikan momentum bagi semua kaum perempuan untuk memotivasi pemberdayaan dirinya dalam berbagai aspek pembangunan," ucapnya, Jumat (23/4/2021).

Menurut politisi dari Partai Nasdem itu, bila melihat sejarah tempo dulu maka perjuangan Kartini adalah lebih memperjuangkan gerakan emansipasi wanita agar memperoleh hak untuk dihargai dan mendapatkan pendidikan yang layak.

"Karenanya, pengaruh pendidikan sangatlah besar agar kaum perempuan lebih cakap melakukan kewajiban," bebernya.

Dijelaskannya lebih lanjut, makna yang terkandung dari perjuangan Kartini tidak lain mendorong semangat memperbaiki kesejahteraan perempuan agar lebih berdaya saing, pintar, sehat, memiliki karakter berbudi luhur dan memiliki power untuk bisa berperan aktif mencapai kemajuan.

Dimasa kini, tambahnya, kaum perempuan diharapkan bisa hadir mengisi di setiap lini atau aspek pembangunan, baik itu di pemerintahan, eksekutif dan legislatif maupun berpartisipasi aktif di tengah-tengah masyarakat.

"Yang tak kalah pentingnya diharapkan, tidak ada lagi diskiriminasi ataupun kekerasan terhadap perempuan. Karena sudah saatnya kesetaraan gender diwujudkan," tegasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama