Menko Luhut Ingin Stakeholder Terkait Serius Laksanakan Program Food Estate

Menko Luhut Ingin Stakeholder Terkait Serius Laksanakan Program Food Estate

KUALA KAPUAS, MK - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan agar  seluruh stakeholder terkait baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah agar bekerja sungguh-sungguh dalam melaksanakan program Food Estate di Kalteng.

Hal itu disampaikan Menko Marves RI ini disela kegiatan kunjungan kerja ke lokasi  pengembangan ketahanan pangan nasional program food estate di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (6/4/2021).

"Kerjanya jangan setengah-setengah. Kerjanya harus sungguh-sungguh, tidak usah main-main," tegas Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan arahah.

Menko Luhut bersama rombongan sebelumnya juga melakukan peninjauan kawasan food estate sekaligus melihat langsung kegiatan tanam padi  di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah meminta  Pemerintah Pusat untuk memastikan program Food Estate berjalan sesuai aturan.

"Bapak Presiden meminta kita melihat kecbawah, cek detail sampai dimana. Kemaren Bapak Presiden meminta kepada saya agar memastikan program ini berjalan sesuai aturan. Jadi kami ramai-ramai datang kesini untuk melihat perkembangan food estate sesuai dengan bidang masing-masing," jelas Luhut.

"Kita undang konsultan dari luar dan mengundang ahli-ahli dari kita. Semua kemampuan yang ada di kita, kita padukan untuk memastikan bahwa proyek yang dibuat Pemerintah ini bisa jalan dengan baik," ucapnya.

Terkait adanya laporan tentang lahan yang pernah ditinggalkan seperti yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya akan mengadakan rapat terpadu.

"Tadi saya sudah siapkan agendanya. Saya minta untuk menyelesaikan apa saja masalahnya," tandas Luhut Binsar Pandjaitan.

Kawasan pengembangan food estate di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup mendapat kunjungan 3 menteri dan pejabat pusat yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Heriyanto. 

Kunjungan 3 menteri serta pejabat pusat tersebut didampingi langsung Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran dan disambut Bupati Kapuas Ben Brahim serta Forkopimda setempat.[advetorial]
Lebih baru Lebih lama