Komunikasi Sosial Mampu Cegah dan Menangkal Radikalisme

Komunikasi Sosial Mampu Cegah dan Menangkal Radikalisme

PALANGKA RAYA, MK - Korem 102 Panju Panjung menggelar komunikasi sosial cegah dan tangkal radikalisme, separatisme.

Kegiatan yang bertajuk Meneguhkan Toleransi Mencagah Radikalisme dan Separatisme itu digelar di Aula Makorem setempat, Jumat (9/4/2021).

Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto mengatakan bahwa pertemuan itu merupakan sarana efektif untuk memelihara, dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis antar sesama.

Sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi, sehingga akan terpelihara keharmonisan dan sinergitas.

"Ikatan kebersamaan seperti ini, perlu kita tumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perkembangan situasi nasional, global dan internasional telah membawa dampak meningkatnya paham Radikal diwilayah Indonesia," ucapnya.

Diuraikannya, komunikasi sosial itu dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa, dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing.

Selain itu diharapkan komunikasi itu mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa, dalam ikut mengantisipasi dan mencegah terhadap muncul dan masuknya paham radikalisme dan separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat.

"Dalam mengoptimalkan kegiatan pembinaan komunikasi sosial untuk mencegah radikalisme dan separatisme, harus dengan peran dan fungsi dalam organisasi, maupun institusi Pemerintah dan lainnya, yang berada diwilayah masing-masing," bebernya.

Ditambahkannya, perlu disusun derektif tentang pembinaan komunikasi sosial untuk cegah tangkal radikalisme dan separatisme bagi komponen bangsa.

"Utamanya komponen masyarakat yang meliputi tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh budaya serta para mahasiswa atau cedikiawan diwilayah Kalimantan Tengah, dan jajaran Korem 102/Pjg dengan harapan melalui kegiatan ini dapat diperoleh hasil yang optimal sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan," tukasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama