Selesaikan USP Pertanian Bidang Pengolah Susu Kedelai, 19 Siswa APHP Dinyatakan Kompeten

Selesaikan USP Pertanian Bidang Pengolah Susu Kedelai, 19 Siswa APHP Dinyatakan Kompeten

BANJARBARU, MK - Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK-PP Negeri Banjarbaru kembali mengikuti Uji Sertifikasi Profesi (USP) Bidang Pelaksana Pengolahan Hasil Pertanian Olahan Susu Kedelai. 

Terdapat 19 orang siswa APHP yang mengikuti ujian ini. Mereka mengikuti uji sertifikasi ini selama 4 hari, terhitung sejak Senin (5/4/2021) hingga Kamis (8/4/2021). 

Uji Sertifikasi dilaksanakan di laboratorium Pasca Panen SMK-PP Negeri Banjarbaru di Haji Idak, di mana siswa akan di uji, baik berupa uji teori, wawancara dan praktik.

Dijelaskan oleh Ketua Kompetensi Keahlian APHP, Dewi Anggie P, sertifikat profesi ini adalah penting bagi siswa yang akan melanjutkan mencari pekerjaan atau membuka usaha sendiri ataupun melanjutkan ke sekolah yang lain.

USP yang difasilitasi oleh Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK-PP Negeri Banjarbaru ini merupakan sertifikasi di bidang pertanian, sehingga para asesornya berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian yang berada di naungan BPPSDMP, Kementerian Pertanian.

Untuk poin-poin yang dinilai dalam Bidang Pelaksana Pengolahan Hasil Pertanian Olahan Susu Kedelai, di antaranya Mengikuti prosedur Keamanan Keselamatan Kerja (K3), Menerapkan program dan prosedur keamanan pangan, Memilih cara, bahan kemasan dan alat pengemasan manual, dan terakhir Memproduksi susu kedelai.

Di hari terakhir, Kamis (8/4/2021) Arief Wicaksono, selaku Asesor mewakili LSP Kementan menyatakan bahwa 19 siswa APHP kelas XII SMK-PP Negeri Banjarbaru dinyatakan kompeten dalam Bidang Pelaksana Pengolahan Hasil Pertanian Olahan Susu Kedelai.

Setelahnya hasil dari penilaian mereka akan dibawa ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi disingkat (BNSP), setelah penilaian di anggap valid, setelahnya akan diserahkan ke LSP Pertanian untuk dibuatkan sertifikat yang berlaku 4 tahun.

Uji sertifikasi yang difasilitasi oleh sekolah ini merupakan bentuk komitmen dari sekolah untuk mencetak lulusan yang memiliki keahlian dalam suatu bidang profesi, yang ditunjukkan dengan adanya sertifikat dari LSP.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian adalah sektor yang sangat penting, terutama dalam menopang kemajuan ekonomi nasional dan menanamkan nilai perjuangan membangun pertanian maju, mandiri dan modern.

Ditambahkan Dedi Nursyamsi, untuk menjadi negara maju, hal utama yang perlu digenjot adalah SDM-nya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan Pendidikan vokasi pertanian, mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial.

“Sementara qualified job seeker adalah petani milenial yang terampil dan menguasai pekerjaannya yang bisa ditempatkan diseluruh sektor dunia usaha dan industri pertanian," ujar Kepala BPPSDMP Kementan ini.[advertorial/wd]

Penulis : Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru


Lebih baru Lebih lama