Danrem 102 Inspekturi Upacara Pemakaman Mendiang H Sabran Achmad

Danrem 102 Inspekturi Upacara Pemakaman Mendiang H Sabran Achmad

PALANGKA RAYA, MK - Danrem 102 Panju Panjung, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto bertindak sebagai Inspektur Upacara   pemakaman secara militer mendiang H Sabran Achmad, di Taman Makam Bahagia Sanaman Lampang Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah  (Kalteng), Rabu (28/4/2021).

Mendiang sendiri merupakan salah satu tokoh adat dan budaya serta veteran pejuang kemerdekaan dari Provinsi Kalteng. Ia juga mantan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng periode 2008-2016.

Beliau meninggal pada Hari Selasa 27 April 2021 di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya dengan pada usia 91 Tahun.

Dalam kesempatan itu, Danrem Purwo menyampaikan, dengan penuh rasa duka yang amat dalam, pada hari ini. "Kita semua berkabung atas wafatnya H Sabran Achmad, tokoh adat dayak dan pejuang kemerdekaan serta  tokoh pendiri Provinsi Kalteng," ucapnya. 

Ia menuturkan, sosok mendiang Sabran Achmad semasa hidupnya, selalu mengedepankan serta mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kalteng pada umumnya dan masyarakat dayak pada khususnya. Beliau tidak membeda bedakan golongan, agama, ras dan perbedaan. 

"Saya ingin mengatakan bahwa dengan jujur dan hati yang bersih, harus kita akui bahwa almarhum, telah memberikan begitu banyak jasa kepada masyarakat Kalteng, bangsa dan negara. Marilah kita lanjutkan pengabdian beliau, dengan tindakan nyata, khususnya dalam peningkatan kemajuan di Provinsi Kalteng. Atas nama pribadi, keluarga besar Korem 102 Pjg beserta jajaran, saya sampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas jasa dan pengabdian Almarhum semasa hidupnya," tuturnya.

Ia menambahkan, kita berikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi atas dharma bhakti beliau.

"Pada kesempatan yang penuh duka dan khidmat ini, dengan hati yang ikhlas, marilah kita berdoa ke hadirat Allah subhanahu wata'ala, semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan kekhilafannya. Semoga segala amal ibadahnya diterima oleh Allah subhanahu wata'ala," pungkasnya.

Turut Hadir pada upacara tersebut, Sekda Provinsi Kalteng, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Dandim 1016 Plk, Karoops Polda Kalteng, Dirsabhara Polda Kalteng, Para perwira Jajaran Korem 102/Pjg, Wakil Bupati Kotim Irawati.[deni]

Lebih baru Lebih lama