Bakal Diremajakan, DLH Tebang 22 Batang Pohon Hutan Kota

KUALA KAPUAS, MK - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas, melakukan penebangan  sejumlah batang pohon hutan kota ruang terbuka hijau (RTH) kawasan komplek stadion sekitar
Jalan Maluku dan Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas.

Kepala DLH Kapuas, Kusmiatie mengatakan, ada sekitar 22 batang pohon di hutan kota samping stadion Panunjung Tarung yang  ditebang.

"Setelah melakukan evaluasi, inventarisasi dan verifikasi dan berdasarkan izin Bupati ada 22 pohon jenis Sengon berukuran besar yang ditebang," kata Kusmiatie, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, Kusmiatie batang-batang pohon yang telah ditebang disimpan dan diamankan di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) kemudian tim BPKAD akan memeriksa barang tersebut sebab merupakan aset daerah.

"Untuk jangka panjang kami juga akan menanam pohon-pohon lagi untuk meremajakan hutan kota, namun akan terlebih dulu berkoordinasi dengan Sekda dan Bupati, tanaman apa yang paling cocok, yang pasti tinggi dan aman berfungsi sebagai peneduh uktuk penghijauan," tukasnya.

Penebangan sejumlah pohon jenis sengon tersebut dilakukan pasca kejadian tumbangnya sebuah pohon di kawasan itu Minggu, 4 April 2021 lalu, di mana akibat kejadian tersebut 2 orang terluka dan dilarikan ke rumah sakit. 

Robohnya pohon juga mengakibatkan kerusakan atap parkir, gerobak pedagang, bangunan warung dan 2 unit kendaraan roda dua. [zulkifli]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar