Pemkab Kotabaru Dukung Upaya Peningkatan Pelatihan Kapasitas Kader Posyandu dan KPM

Pemkab Kotabaru Dukung Upaya Peningkatan Pelatihan Kapasitas Kader Posyandu dan KPM

KOTABARU, MK - Pemkab Kotabaru mendukung upaya peningkatan pelatihan kapasitas kader Posyandu, termasuk Posyandu Keliling Kecamatan untuk melakukan pelatihan kader Posyandu dan KPM Desa dalam pencegahan stunting, khususnya di Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Sigam.

Kegiatan yang berlangsung di Operation Room, Rabu (17/3/2021) ini dilaksanaan selama 2 hari, dari 17 hingga 18 Maret 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 60 kader Posyandu di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Hadir dalam acara Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Akhmad Rivai, CDEA PT Arutmin Indonesia NPLCT Aldian Ninja Kartika, Ketua Posyandu Keliling Kecamatan Pulau Laut Utara, Hj Wahdiah 

Juga narasumber seperti Arya Nor Abdi, Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kotabaru dan Susilo Bani P. S.Sos selaku Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kemendesa Kotabaru.

Rivai yang secara resmi membuka pelatihan ini mengatakan, untuk meningkatkan kader posyandu ini sangat penting. Untuk itu, Pemkab menyambut baik kegiatan ini dengan mengutamakan kesehatan ibu, bayi dan balita dalam pencegahan stunting.

Ini juga terkait dengan pentingnya memenuhi nutrisi pada anak 1000 hari di kehidupan pertama, dalam hal ini para kader diberikan pemahaman terkait pentinggnya 1000 hari kehidupan pertama dalam mencengah stunting atau gagal tumbuh pada anak .

"1000 hari kehidupan pertama dihitung mulai dari kandungan hingga anak berusia 2 tahun dengan melalui kapasitas ini, para kader diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya 1000 HPK," terangnya.

Dengan demikian, masyarakat dapat memahami dan memenuhi kebutuhan nutrisi anak untuk mencegah stunting pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Saya berharap kepada para kader Posyandu diharapkan mengikuti protokol kesehatan saat melakukan kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama