Pasien Covid-19 Melonjak, RSUD Kapuas Tambah Kapasitas Ruang Isolasi

Pasien Covid-19 Melonjak, RSUD Kapuas Tambah Kapasitas Ruang Isolasi

KUALA KAPUAS, MK - Menyusul melonjaknya kasus terpapar Virus Corona belakangan ini di Kabupaten Kapuas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas terpaksa harus  menambah kapasitas ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Direktur RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo, Jumat (11/3/2021) mengatakan, saat ini 2 ruangan yang sebelummya merupakan ruang perawatan penyakit dalam, kini didesain sedemikian rupa untuk difungsikan menjadi ruang isolasi pasien.

"Kondisi ruang isolasi Covid-19 di Rumah Sakit dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas saat ini kapasitas tempat tidur terisi full," beber dr Agus.

Bahkan, lanjut dia, di bulan Pebruari 2021 lalau rata-rata BOR (Bed Occuppancy Ratio) atau pengunaan bed di atas 75 persen.

"Di bulan Maret ini kapasitas 25 tempat tidur terisi full. Bahkan ada di ruang instalasi IGD ada 2 pasien yang ditempatkan di sana," ungkap Agus.

Saat ini, lanjut dr Agus, kondisi untuk melakukan rujukan juga sangat sulit, sebab rata-rata rumah sakit rujukan juga terisi penuh pasien Covid-19.

"Karena itu kami bersama tim berinisiatif untuk melakukan penambahan kapasitas tempat tidur atau bed. Kebetulan ini ada 2 ruangan yang kita alihkan menjadi ruang isolasi Covid, dengan masing-masing kapasitasnya 3 tempat tidur," terangnya.

Saat ini sedang dilakukan pembenahan 2 ruangan untuk isolasi tersebut.

"Harapan kami 5 hari ke depan ini sudah bisa kita manfaatkan operasional," ujarnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kapuas khususnya, agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan, agar tidak terpapar Covid-19.

Sementara itu berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19, 11 Maret 2021 jumlah pasien Covid-19 di Kapuas yang dirawat sebanyak 78 orang, bahkan jumlah itu bisa saja akan bertambah.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama