Palangka Raya Tuan Rumah Raker Asdeksi Regional Kalimantan 2021

Palangka Raya Tuan Rumah Raker Asdeksi Regional Kalimantan 2021

PALANGKA RAYA, MK - Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) Pengurus Daerah Asosiasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia (Asdeksi) Regional Kalimantan Tahun 2021.

Raker tersebut dengan mengambil tajuk Peran Serta Sekretaris DPRD Dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi itu digelar di ruang rapat Kantor DPRD Palangka Raya dan diikuti Sekwan se Regional Kalimantan, diikuti Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Palangka Raya secara virtual, Selasa (30/3/2021).

Walikota menyampaikan, raker Asdeksi Regional Kalimantan ini adalah merupakan sebuah pertemuan penting antar Sekretaris DPRD di bumi Kalimantan yang tentunya akan menghasilkan produktivitas berupa program kerja yang konstruktif dan sesuai dengan tugas fungsi sekretariat DPRD itu sendiri, dan yang nantinya harus disampaikan ke Asdeksi pada rapat kerja tingkat nasional. 

"Kami mengharapkan program kerja yang disampaikan nantinya harus menjadikan tugas dan fungsi Sekretariat DPRD untuk mampu menjadi fasilitator yang kreatif terhadap kinerja DPRD, dan mampu menjadi katalisator yang ulung dalam terjalinnya kerjasama antara DPRD dan lembaga pemerintahan lainnya. Tentunya dapat mengoptimalkan tri fungsi DPRD, sehingga penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dapat berjalan dengan baik dan optimal," ucapnya.

Ia mengakui bahwa keberadaan sekretaris DPRD atau sekwan sekarang ini menjadi ujung tombak terhadap arah kinerja para wakil rakyat di DPRD, sekaligus menjadi jembatan penghubung yang baik bagi para penyelenggara pemerintahan daerah. 

"Melalui kesempatan ini kami berharap, para sekwan dapat saling bertukar pikiran dan melakukan evaluasi terhadap kinerja yang sudah dijalankan, sehingga memberikan dampak kemajuan yang signifikan bagi organisasi Asdeksi, lancarnya birokrasi pemerintahan daerah, dan tentunya kebaikan untuk kita semua," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto berharap agar raker Asdeksi itu bisa merumuskan rekomendasi kepada pemerintah pusat, terutama terkait kendala dalam menjalankan tugas pemerintahan di daerah.

"Rapat kerja ini diharapkan bisa merumuskan rekomendasi yang disampaikan ke pusat, berdasarkan evaluasi sistem regulasi penyelanggaraan pemerintah daerah yang menjadi kendala khususnya Sekretariat DPRD," imbuhnya.

Kemudian, sekretaris DPRD Palangka Raya selaku ketua panitia, Sitti Masmah mengatakan jika pelaksanaan raker Asdeksi memiliki tujuan penting guna meningkatkan konsolidasi, memberikan informasi, serta komitmen dalam mewujudkan kualitas layanan mengingat peran Sekretariat Dewan (Setwan) sebagai aparat birokrasi dalam ranah politik.

"Ini perlu bagi kami untuk membekali diri dalam kompetensi yang handal demi memberikan layanan publik yang maksimal bagi lembaga DPRD serta mendukung pemenuhan tugas pokok dan fungsi DPRD," tandasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama