Men Gumpul: Mafia Tanah Harus Ditindak Tegas

Men Gumpul: Mafia Tanah Harus Ditindak Tegas

PALANGKA RAYA, MK - Ketua Satgas Kalteng Watch Anti Mafia Tanah Kalimantan Tengah (Kalteng), Men Gumpul meminta kepada aparat penegak hukum untuk menindak tegas para pelaku mafia tanah yang menggunakan surat verklaring diduga palsu.

Seperti halnya empat surat verklaring yang digunakan oleh oknum masyarakat di jalan Badak, Banteng dan jalan Hiu Putih di Kota Palangka Raya.

Selaku kuasa pendamping pemilik SKT, SPT, SP dan SHM, Men Gumpul mengatakan, kenapa verklaring yang digunakan oleh Madie Goening Sius disebut diduga palsu, karena tanda tangannya gado-gado yaitu ada dari pemerintah dan lembaga adat. 

Berdasarkan surat verklaring yang asli yang berhak hanya ada dua tanda tangan, yaitu Wedana dan Asisten Wedana pada zaman Pemerintahan Belanda yang mana ada gambar singa saling berhadapan.

"Lucunya, verklaring yang diperlihatkan oleh Madie Goening Sius warnanya berbeda dan tidak terbaca, serta tanda tangannya gado-gado. Ini sudah tidak beres," ucapnya, Minggu (21/3/2021).

"Dengan ini saya meminta Presiden, Kapolri dan Kapolda Kalteng khususnya, untuk mengusut empat verklaring Nomor : 28/KP-PHDT/AGR/1962, Nomor : 18/1960, Nomor : 169/1976, Nomor : 23/1960 untuk segera diperiksa melalui uji forensik karena diduga palsu. Sebab empat varklaring ini sangat meresahkan masyarakat," imbuhnya.

Ia menjelaskan, sertifikat adalah pemilik sah karena yang mengeluarkan adalah lembaga pemerintah, yaitu Badan Pertanahan Negara (BPN). 

Dan perlu diketahui lagi, lanjutnya, sertifikat tersebut sudah diakui oleh Pengadilan Negeri Palangka Raya dan tingkat Mahkamah Agung.

"Artinya pengadilan sudah menjatuhkan verklaring diduga palsu tersebut dan memenangkan sertifikat yang diakui oleh negara," cetusnya.

Lagi-lagi, Men Gumpul meminta pihak penyidik Polda Kalteng untuk segera menyita empat verklaring yang dilaporkannya diduga palsu untuk menyerobot tanah memiliki alas yang sah.

"Saya mengharapkan laporan saya pada 1 Maret 2021 bisa ditindaklanjuti secara profesional. Karena mafia tanah ini sudah sangat meresahkan masyarakat, khusus di lokasi yang menggunakan 4 verklaring diduga palsu itu," tandasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama