Lagi, Pulang Pisau Raih Kategori Kabupaten Menuju Informatif

Lagi, Pulang Pisau Raih Kategori Kabupaten Menuju Informatif

PULANG PISAU, MK - Kembali, Kabupaten Pulang Pisau berhasil meraih peringkat kelima menuju kabupaten informatif.

Raihan peringkat tersebut, setelah mendapat penilaian oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah terkait keterbukaan informasi badan publik kabupaten/kota se Kalimantan Tengah, di aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Senin (15/3/2021).

"Alhamdulillah kabupaten kita berhasil meraih peringkat 5 menuju kabupaten informatif. Peringkat kelima ini sudah kali keduanya kita terima berturut-turut sejak 2019 lalu," kata M Insyafi, Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Pulang Pisau, usai menerima penganugrahan keterbukaan informasi publik (KIP).

Atas penghargaan tersebut, lanjut Insyafi, nantinya akan dijadikan motivasi untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Pulang Pisau berjuluk Bumi Handep Hapakat ini agar menjadi lebih baik lagi.

"Tentunya semua itu tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan sinergitas badan publik di semua perangkat daerah yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau," ungkap Insyafi yang juga menjabat sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama kabupaten setempat.

Pada kesempatan yang sama disampaikan Ketua Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, Daan Rismon mengatakan, pemeringkatan hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi badan publik tahun 2020 berdasarkan kualifikasi per kategori badan publik. 

"Penganugrahan ini kita laksanakan setiap tahun, namun untuk penilaian tahun 2020 kami tidak melakukan visitasi dan verifikasi langsung ke badan publik dikarenakan adanya refocusing anggaran dan untuk mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19, visitasi kami dengan mengunjungi ke website PPID masing-masing badan publik," jelas Rismon.

Sementara, kabupaten/kota yang meraih penghargaan kategori menuju informatif, peringkat pertama Kota Palangkaraya, kedua Kabupaten Kotawaringin Barat, ketiga Kabupaten Murung Raya, keempat Kabupaten Kapuas, kelima Kabupaten Pulang Pisau, dan peringkat keenam Kabupaten Kotawaringin Timur.[manan]
Lebih baru Lebih lama