Hadir di Rakor Percepatan Penanganan Covid-19, Ini Kata Bupati Edy

Hadir di Rakor Percepatan Penanganan Covid-19, Ini Kata Bupati Edy

PULANG PISAU, MK - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanganan Covid-19 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah Kalteng, Rabu (17/3/2021).

Rakor dengan tema Evaluasi Penanganan Covid-19 Dan Teknis Penganggaran Dana Pencegahan Covid-19 Tahun 2021 itu, dipimpin langsung Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran di Aula Jayang Tingang Lantai II Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Hadir pada kegiatan tersebut, unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, OPD Provinsi Kalteng, Ketua ID Kalteng, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Cabang Kalteng, dan Bupati serta Walikota 14 kabupaten/kota se-Kalteng.

Kepada sejumlah awak media, Bupati Edy Pratowo mengatakan, kegiatan rakor tersebut membahas langkah-langkah optimalisasi strategi dalam melakukan percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Kalteng.

Selain itu, lanjutnya, mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 sebelumnya.

"Saya kira rakor ini sangat penting sebagai sarana evaluasi kebijakan-kebijakan percepatan penangan Covid-19 khususnya di daerah, penting juga diketahui mengenai teknis penganggaran dana pencegahan Covid-19, oleh sebab itu kami para Bupati diundang dalam kegiatan rakor ini," ucapnya.
 
Seperti contoh, ungkapnya, dalam rakor dibahas mengenai penganggaran dana pencegahan Covid-19 melalui anggaran dana desa, apabila nanti dilaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Desa.

"Dana desa bisa digunakan untuk bantuan langsung tunai, dan paling sedikit sebesar 8 persen dari dana desa yang diterima oleh masing-masing desa untuk kegiatan penanganan pandemi Covid-19 yang merupakan kewenangan desa antara lain untuk aksi desa aman Covid-19 dan satuan tugas desa aman covid-19,” ujar Edy.

Sementara, di Kabupaten Pulang Pisau sendiri, kegiatan rakor Percepatan Penanganan Covid-19 itu turut diikuti Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang bersama Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau, unsur Forkopimda dan Kadishub Pulang Pisau.[manan]
Lebih baru Lebih lama