Gubernur Sugianto: Petani Itu Pekerjaan yang Mulia

Gubernur Sugianto: Petani Itu Pekerjaan yang Mulia

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menungkapkan prospek program Cadangan Logistik Strategis (CLS) tanaman singkong di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) akan menjadi ketahanan pangan nasional. 

Program CLS itu juga nantinya akan dikembangkan menjadi industri dari hulu ke hilir yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kalteng. 

"Kawasan Kabupaten Gunung Mas akan menjadi sangat produktif dengan berjalannya program CLS dan ekonomi masyarakat akan meningkat," ungkapnya, Jumat (12/3/2021).

Gubernur mengatakan, tanaman singkong merupakan salah satu komoditas yang strategis, karena relatif lebih mudah dikembangkan dan memiliki banyak sekali produk turunan dan industri lainnya.

"Rencananya singkong akan kita olah menjadi mie, ada yang bisa jadi pangan lainnya, ada yang bisa jadi etanol dan sebagainya," bebernya.

Ia merasa bersyukur, karena Program Strategis Nasional (PSN) ini di tempatkan di Bumi Tambun Bungai, sehingga dapat berdampak untuk masyarakat dalam mengembangkan pertanian dan beraktiditas memanfaatkan ketahanan pangan di Kalteng.

Postitifnya, tambah orang nomor satu di Bumi Tambung Bungai tersebut, pengembangan PSN di Kalteng salah satunya adalah modal kekuatan ekonomi Kalteng, dan juga nasional. 

Pemerintah Pusat telah memberikan kepercayaan PSN kepada Kalteng. Sebagai pengemban tugas, Kalteng harus mampu menjawabnya dengan kinerja dengan semangat dan tanggung jawab. 

"Mari kita semua bekerja lebih keras, agar amanah yang diberikan Pemerintah Pusat ke Kalteng ini bisa kita pertanggung jawabkan dan berjalan sukses," imbuhnya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat Kalteng untuk optimis dan mendukung program pengembangan food estate dan perkebunan singkong tersebut.

"Kita harus optimis menjalankan program PSN. Kita kuatkan dan dukung bersama-sama untuk suksesnya di wilayah Kalteng. Mari kita ambil kesempatan berkarya, maka harus mau menjadi petani, harus mau bekerja keras, jangan malu jadi petani. Petani itu pekerjaan yang mulia," tandasnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama