Dukcapil Siap Ganti Adminduk yang Hilang/Rusak saat Musibah

Dukcapil Siap Ganti Adminduk yang Hilang/Rusak saat Musibah

PALANGKA RAYA, MK - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya akan memberikan bantuan berupa prioritas pelayanan bagi keluarga korban kebakaran di kawasan padat penduduk Komplek Puntun beberapa waktu lalu. 

"Layanan prioritas akan kita berikan bagi warga yang tertimpa musibah, terutama musibah yang mengakibatkan hilang atau rusaknya dokumen atau data administrasi kependudukan (adminduk)," ungkap Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, H Afendie, Senin (15/3/2021).

Dilanjutkannya, adapun prioritas layanan adminduk dimaksud yakni prioritas berupa pencetakan ulang Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) serta Kartu Identitas Anak (KIA) yang hilang dalam musibah tersebut.

Dibeberkannya, pencetakan ulang data kependudukan tersebut dapat dilakukan sepanjang data para korban musibah telah disampaikan ke Disdukcapil.

"Kami siap menerbitkan data kependudukan yang baru bagi setiap warga yang tertimpa musibah, asalkan data-datanya lengkap," bebernya.

Harus disadari, tambahnya, data kependudukan merupakan salah satu syarat dasar yang diperlukan masyarakat saat ini, terutama syarat dasar untuk berurusan dengan pemerintah terkait pemberian berbagai pelayanan.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama