Banjir di Desa Hanjak Maju Berangsur Surut, Nova: Warga Merasa Senang

Banjir di Desa Hanjak Maju Berangsur Surut, Nova: Warga Merasa Senang


PULANG PISAU, MK - Banjir yang cukup lama menggenangi lingkungan Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), kini berangsur surut. 

Surutnya genangan air tersebut, tentunya membuat warga desa gembira.

Itu disampaikan Nova Selvia, legislator DPRD Pulang Pisau dari PKB, kepada awak media metrokalimantan.com, Sabtu (13/3/2021) malam via telepon selulernya.

"Alhamdulillah, warga Desa Hanjak Maju merasa senang setelah banjir yang cukup lama  menggenangi lingkungan mereka (desa) mulai surut," kata Nova begitu sapaan akrab Srikandi DPRD Pulang Pisau.

Ia mengungkapkan, banjir yang menggenangi lingkungan desa tersebut diketahui akibat tersumbatnaya saluran air yang diketahui dari sebuah bendungan atau rabat dilingkungan desa, sehingga air meluap dan menyebabkan pekarangan dan lahan warga digenangi air.

"Dampaknya kebun warga banyak yang rusak dan gagal panen. Warga juga mengeluh karena harus kehilangan matapencaharian, akibat kebun mereka rusak tadi," ujar Nova.

Melihat kondisi tersebut, Nova berinisiatif  mengkoordinasikan hal tersebut ke pihak pemerintah, baik desa maupun Pemkab setempat. 

Alhasil, koordinasi yang dibangun Nova membuahkan hasil. Respon cepat dari pemerintah, terutama Pemkab Pulang Pisau melalui dinas terkaitnya (Dinas PUPR) sangat bagus.

"Karena ini menyangkut orang banyak (warga), saya pribadi setelah mendapat informasi tentang banjir itu, langsung menghubungi Kadis PUPR untuk menindaklanjuti seperti apa penanganannya? Alhamdulillah, respon Kadis sangat bagus, dan akhirnya bendungan dirobohkan sampai pengerukan dititik tersebut dilakukan PUPR Pulpis," tutur Nova.

Kini, kondisi dilingkungan Desa Hanjak Maju tampak mulai kering, meski air sedikit-demi sedikit berangsur surutnya.

"Selepas ini, saya mewakili seluruh warga terdampak juga berharap pengerukan dititik-titik yang berpotensi menghambat saluran air juga terus dilakukan," pinta Nova. 

"Hal ini tentunya untuk kepentingan orang banyak. Kita juga tentunya mengapresiasi tindakan cepat yang dilakukan Pemkab Pulpis melalui dinasnya tadi," imbuhnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama