Anggota DPR RI Dukung Petani Milenial

Anggota DPR RI Dukung Petani Milenial

ANGGOTA Komisi IV DPR RI, Yessy Melania SE dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) kembali mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian (Kementan) RI meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pertanian melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertanian Terpadu bagi petani dan penyuluh wilayah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. 

Kegiatan yang digelar 27 Maret 2021 di Hotel Cika Kab Sintang ini, merupakan apresiasi bagi penyuluh dan petani sebagai ujung tombak sektor pertanian. 

Penyuluh dan Petani merupakan pahlawan sektor pertanian terlebih masa pandemi ini kontribusi sektor pertanian terhadap perekonomian nasional sangat positif.
 
Bimtek angkatan VII kali ini mengangkat tema ‘Pertanian Terpadu’. Tema ini dipilih mengingat perlunya edukasi dan Bimtek buat petani dan penyuluh di Kabupaten Sintang.

Ini karena pertanian terpadu merupakan sistem yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam satu lahan.

Sehingga diharapkan dapat sebagai salah satu solusi alternatif bagi peningkatan produktivitas lahan, program pembangunan dan konservasi lingkungan serta pengembangan desa secara terpadu. 

Komisi IV DPR RI, Yessy Melania SE bekerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian untuk melaksanakan Bimtek bagi penyuluh dan petani Kab Sintang. 

Dalam sambutannya, Yessy menyampaikan, pelaksanaan Bimtek peningkatan kapasitas petani muda dan penyuluh pertanian di Kabupaten Sintang ini merupakan salah satu strategi program aksi guna mencapai cita-cita pemerintah dan bangsa untuk mendorong tercapainya petani milenial sebanyak 2,5 juta petani milenial di Indonesia. 

Menurut Yessy menambahkan, bahwa pelaksanaan Bimtek kerja sama dengan Kementerian Pertanian ini sebagai wujud nyata dan bentuk komitmen kehadiran pemerintah dan wakil rakyat dalam peningkatan pertumbuhan dan penguatan kapasitas calon-calon petani milenial dan juga para penyuluh pertanian khususnya di Kabupaten Sintang. 

Yessy juga mengakui pentingnya Bimtek ini bagi petani dan penyuluh, seraya mengapresiasi upaya tiada henti Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menggelar Bimtek, di bawah koordinasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan dukungan teknis Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si dalam sambutannya turut menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian tidak pernah berhenti memberikan edukasi dan bimbingan kepada petani dan penyuluh. 

BPPSDMP selalu hadir mensupport petani dan penyuluh untuk meningkatkan kualitas SDM Pertanian. Bimtek kali ini memberikan manfaat dan memotivasi petani dan kaum milenial untuk bergelut di sektor pertanian, karena pertanian terbukti masih tetap tumbuh ditengah pandemi yang masih mewabah.

Pemahaman tentang Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUB) kiranya bisa memikat para petani muda milenial dan penyuluh untuk semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas bisnis usahatani mereka. 

Adapun materi yang diberikan kepada peserta bimtek meliputi Materi ‘Integrated Farming System’ yang diisi oleh Rektor Universitas Kapuas Sintang, Dr Antonius S.Hut MP. Materi ‘Pembuatan Pestisida Nabati’ oleh Widyaiswara Ibu Susmawati SP MP dan Intan Kurnianingrum S.TP MP dan materi ‘Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUB)’ dibawakan oleh Widyaiswara, Tota Totor Naibaho SP MP.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama