Tinjau Lahan Food Estate, Kementerian Pertanian kunjungi Dadahup

Tinjau Lahan Food Estate, Kementerian Pertanian kunjungi Dadahup

BANJARBARU, MK – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) Momon Rusmono, melakukan koordinasi dan kunjungan kerja ke Desa Bentuk Jaya Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Jumat (12/2/2021). 

Kunjungan kerja Sekjen ini dilakukan dalam rangka meninjau Kapuas terutama yang luasnya 1.000 hektare dan percepatan tanam di Kabupaten Kapuas dengan target 20.000 hektare. 

Momon menyebutkan, pada kunjungan kerja kali ini pihaknya menemukan permasalahan terkait irigasi. Diketahui sebelumnya tingginya curah hujan di kalsel dan kalteng mengakibatkan sejumlah lahan sempat terendam banjir. 

“Beberapa cara dapat kita terapkan untuk mencegah banjir, ada 2 strategi yang dapat digunakan seperti memperbanyak pompa dengan kapasitas tinggi dan beberapa saluran yang perlu dibuka atau ditutup agar air yang merendam lahan segera surut,” jelas Momon.

Terkait dengan olah lahan sendiri, disebutkan Momon bahwa beberapa pihak terkait sudah siap untuk melakukan penanaman. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan percepatan tanam di Kabupaten Kapuas dengan target 20.000 hektare, namun saat ini jumlah lahan yang siap ditanami sekitar 9.000 sampai 10.000 hektare. 

“Kita targetkan seluruh proses tanam akan selesai paling lambat pada bulan April. Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi terkait pencapaian target percepatan tanam,” beber Momon. 

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan bahwa pertanian kita harus lebih maju 2 kali lipat dari apa yang kita capai sampai saat ini. 

Untuk itu, lanjutnya, maka langkah-langkah yang harus kita tempuh antara lain adalah dengan cara ganti varietas yang lebih cepat panen, mekanisasi pertanian dioptimalkan, teknik budidaya diperhatikan dengan baik, korporasi dan hilirisasi harus diperbaiki. 

Sejalan dengan Mentan SYL, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengintruksikan agar terus menggenjot penambahan luas tambah tanam di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Ia mendorong penyuluh pusat dan daerah bersinergi mendukung pengembangan kawasan lumbung pangan baru (food estate) di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng. 

Hal ini dikemukakan Dedi saat pertemuan bersama Penyuluh, Kadistan Provinsi Kalteng dan Kadistan Kabupaten Kapuas di Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup, beberapa waktu lalu. 

Dalam kunjungan sekjen ini, turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Beberapa Dirjend, Kepala SMKPPN Banjarbaru, Kepala UPT, Pejabat Eselon 2 dan SKPD terkait.[advertorial]

Penulis : Vi
Humas SMKPPN Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama