Persoalan Tenaga Kerja Lokal, DPRD Balangan Rencanakan Program Ini

Persoalan Tenaga Kerja Lokal, DPRD Balangan Rencanakan Program Ini

PARINGIN, MK - Memberikan peluang kerja dan pembinaan bagi tenaga kerja lokal menjadi pekerjaan rumah yang harus diperhatikan dengan serius oleh Pemkab Balangan.

Dengan mulai berkembangnya perusahaan-perusahaan di Kabupaten Balangan, membuktikan bahwa kebutuhan dan roda perekonomian masyarakat  di dunia kerja semakin meningkat. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah untuk mengatasinya.

Syamsudinnor, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Balangan menyampaikan, sebagai mitra kerjanya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, maka dalam melakukan pemberdayaan tenaga kerja lokal serta menekan angka pengangguran di Kabupaten Balangan pihaknya telah menyusun program ke depan.

"Kita sudah menjadikan ini program ke depannya, nantinya Bupati Balangan terpilih yang langsung akan menyampaikan ke publik, apa-apa saja jenis program yang akan di rencanakan," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (22/2/2021).

Dalam melakukan pemberdayaan tenaga kerja lokal serta menekan angka pengangguran di Kabupaten Balangan, Ia menyampaikan nantinya didirikan Perusahaan Daerah oleh pemerintah Kabupaten Balangan.

"Ya Sedikit gambaran nantinya direncanakan akan dibangun Perusahaan Daerah, terus bengkel pasarnya mobil Pemda, dan banyak bidang-bidang lainnya," tuturnya Syamsudinnor yang juga sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Balangan.

Ia juga menegaskan, dalam membangun dunia kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat, itu dimulai dari pemerintahan daerah dengan cara mewajibkan seluruh ASN yang bertugas di Balangan untuk tinggal menetap di Kabupaten Balangan.

"Selain mewajibkan seluruh ASN tinggal menetap di Balangan, selanjutnya kita akan terapkan di pihak-pihak ketiga, seperti Site Adaro dan tentu peluang kerja 70 persen wajib orang daerah. Tentu akan disipakan juga sumber daya manusianya oleh daerah," pungkasnya.[agus]

Lebih baru Lebih lama