Kalteng Siap Ekspor 10 Ribu Ekor Sapi

Kalteng Siap Ekspor 10 Ribu Ekor Sapi

PALANGKA RAYA, MK - Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran berupaya melakukan berbagai inovasi sekaligus mendukung terlaksanakan Food Estate yang ada di Kalteng. 

Salah satu upaya dan bekerja lebih keras lagi untuk kesejehteraan masyarakat di Bumi Tambun Bungai tersebut dengan memantau kondisi daerah untuk upaya penanganan perekonomian. 

Gubernur Sugianto menyampaikan, salah satu upaya yang dilakukan dengan memenuhi kebutuhan daging sapi di wilayah Jakarta. 

Harapanya menjadi awal kerjasama yang baik, antara Kalteng dan Pemerintah Pusat di Jakarta, dimana ini salah satu bukti nyata program Pemprov Kalteng untuk memperjuangkan kedaulatan pangan dan kemandirian selain  untuk Kalteng, juga Nasional.

"Saat ini kita dihadapkan dengan persoalan yang cukup berat. Kita harus mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dan juga harus memastikan ekonomi tetap berjalan. Salah satunya kesiapan pangan, dimana kita siap mengekspor sapi ke luar Kalteng, program ini tentu terus dikembangkan dan ditingkatkan selain untuk Kalteng juga  nasional," ucap Sugianto, Senin (22/2/2021). 

Gubernur juga menyebutkan bahwa Pemerintah Pusat melalui Mentri Pertanian telah memantau peternakan sapi yang ada di Kabupaten Sukamara, hal itu menjadi daya tarik tersendiri untuk di ekspor. 

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut mengatakan, sapi di Sukamara itu perdana akan dikrimkan dalam waktu dekat, dimana Kalteng dapat menjadi rujukan daerah lain dalam upaya peternakan sapi serta pengelolaanya hingga dapat membantu perekonomian nasional. 

"Harapanya, dengan adanya ekspor sapi ke Jakarta menandakan Bumi Tambun Bungai ini mampu dalam mengelola peternakan. Kalteng memiliki lahan yang luas dan mampu mengembangkan peternakan, perkebunan, pertanian dan lainnya," imbuhnya.

Dirinya jug berharap agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat melirik dan berinvestasi peternakan di Kalteng yang dikelola oleh masyarakat. 

"Kita lihat nanti apakah BUMN ingin berinvestasi dalam program ini. Kami berharap BUMN bisa berinvestasi untuk kepentingan masyarakat luas. Ini bertambah berkah, Ini anugerah yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa kepada Kalteng dan kita harus kelola bersama-sama dengan maksimal dan dipercaya Pemerintah Pusat dengan proyek strategis nasional," bebernya.

"Kita harus optimis dan semangat, mari saat ini kita bersama-sama bekerja keras untuk membangun Kalteng lebih Berkah lagi," tutupnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama