Penanggulangan Kemiskinan Mesti jadi Skala Prioritas

Penanggulangan Kemiskinan Mesti jadi Skala Prioritas

BUNTOK, MK – Kemiskinan merupakan masalah suatu pembangunan kesejahteraan sosial yang berkaitan dengan berbagai bidang pembangunan, di mana ini ditandai oleh meningkatnya angka pengangguran, keterbelakangan dan ketidakberdayaan.

Oleh karena itu kemiskinan merupakan masalah pokok nasional yang penanggulangannya tidak dapat ditunda dan harus menjadi skala prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial.

"Penanggulangan kemiskinan pedesaan merupakan salah satu upaya strategis nasional dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial dan melindungi hak asasi manusia, terutama dalam pemenuhan kebutuhan yang paling mendasar," terang Putri Siti Rohmawati, Anggota Komisi I DPRD Barsel, Rabu (24/2/2021).

Menurut politis Demokrat Barsel ini, Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi maupun Kabupaten merupakan leading sector dalam pembangunan kesejahteraan sosial yang memiliki tanggung jawab besar dalam Penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), khususnya fakir miskin.

“Berdasarkan undang-undang nomor 13 tahun 2011 pasal 1, bahwa fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan harus menjadi perhatian yang sangat serius,” ungkapnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama