Panen Raya Jagung Hibrida, Bupati Edy Apresiasi Poktan Hasrat Mulya

Panen Raya Jagung Hibrida, Bupati Edy Apresiasi Poktan Hasrat Mulya

PULANG PISAU, MK - Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengapresiasi kelompok tani (Poktan) Hasrat Mulya Desa Wono Agung, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Apresiasi yang disampaikan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Handep Hapakat itu, atas keberhasilan Poktan Hasrat Mulya mengelola tanaman jagung varietas hibrida dilahan 28 hektare.

"Kita tentunya bangga atas keberhasilan Poktan Hasrat Mulya dalam mengembangkan tanaman jagung varietas hibrida. Ini tidak lain dalam rangka  menyokong ketahanan pangan nasional pada program Food Estate di Kalteng," kata Bupati Edy dalam sambutannya saat menghadiri panen raya jagung hibrida di Desa Wono Agung.

Atas keberhasilan ini, lanjut Edy, Pemkab Pulang Pisau optimis program Food Estate ini bakal berhasil dengan baik, sehingga pemerintah akan melakukan gerakan pencanangan mendorong masyarakat petani untuk menanam jagung. 

"Kalau hasilnya bagus maka nanti pemerintah akan menyiapkan fasilitas pendukungnya, baik peralatan dan sebagainya, industrinya juga akan dibangun, ada hulu dan ada hilirnya. Jangan hanya 1-10 hektare, tapi kita usahakan tanaman jagung ini luasannya mencapai ribuan hektare supaya nanti pabrik pengolahannya juga dibangun," ujar Edy menuturkan.

Selanjutnya, ungkap Edy, saat ini pihaknya juga tengah mengupayakan pembangunan pelabuhan untuk mendukung Food Estate. 

"Nanti hasil produk pertanian di kawasan Food Estate ini akan dipasarkan ke daerah jawa yang diangkut melalui pelabuhan tersebut. Pulang Pisau ini sangat strategis berada di wilayah tengah Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Saya juga sudah bicara dengan Pak Gubernur Kalteng untuk menjadikan Kabupaten Pulang Pisau ini menjadi pintu gerbang perekonomian Kalimantan Tengah," tutupnya.

Sementara, kehadiran Bupati Edy pada kegiatan panen raya jagung hibrida itu, didampingi Ketua DPRD H Ahmad Rifa’i, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, unsur Forkopimda Pulang Pisau, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pulang Pisau.[manan]
Lebih baru Lebih lama