Makam Habib di Marang Diusulkan Masuk Cagar Budaya

Makam Habib di Marang Diusulkan Masuk Cagar Budaya

PALANGKA RAYA, MK - Masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya Kota Palangka Raya selama ini banyak yang tidak tahu jika di wilayah Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu ada makam seorang Habib.

Lokasi makam tersebut berada di pinggir Sungai Rungan tersebut ada makam Habib Majidi Rasyid Al Habsyi, makam Syarifah Salamah Al Habsyi, dan makam Syarifah Siri Radiah Al Habsi.

Ketiga makam tersebut oleh masyarakat setempat dikeramatkan, dan ketiga makam itupun juga berada di lokasi pemakaman umum, namun khusus ketiga makam ini dibuatkan bangunan berukuran sedang.

Lurah Marang, Yuliati Ningsih bersama Kasi Ekobang, Sri Wanti dan Babinsa pun ikut melihat langsung kondisi makam keturunan Nabi Muhammad SAW ini.

"Karena makam ini telah dikeramatkan. Maka, kita dari pihak Kelurahan Marang berencana mengusulkan makam Habib ini masuk menjadi salah satu cagar budaya," ujar Sri Wanti, Senin (22/2/2021).

Sri menuturkan, untuk menuju ke lokasi makam cukup itu sulit, karena kondisi jalan masih berupa tanah liat sehingga hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

"Kondisi jalan setapak masih becek, sehingga ke depannya jalan menuju ke makam ini perlu kita usulkan agar dilakukan peningkatan, karena di lokasi ini ada bekas sejarah syiar Islam yang dilakukan oleh Habib Majidi Rasyid Al Habsyi," tutupnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama