Kadisdik Kapuas Apresiasi Pembuatan Soal HOTS Ujian Madrasah

Kadisdik Kapuas Apresiasi Pembuatan Soal HOTS Ujian Madrasah

KUALA KAPUAS, MK - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pembekalan soal ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas  melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) di Aula Kantor Kemenag, Rabu (24/2/2021).

"Kemenag Kapuas melaksanakan pembekalan penyusunan soal ujian, bukan hanya soal-soal yang biasa tetapi soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Jadi bagaimana soal yang dibuat guru membuat anak-anak berfikir kritis membikin cerdas kemudian karakternya juga dibangun," ungkap Suwarno, usai mengikuti pembukaan pembekalan tersebut.

Dikatakannya, muara proses pembelajaran peserta didik yakni pada evaluasi atau ujian.

"Evaluasi yang bagus adalah soal-soal yang bisa merespon, menstimulus anak-anak supaya tumbuh kembang  dengan baik," kata Suwarno.

Ke depan, menurut mantan Kadiskominfo Kapuas ini agar terus dikembangkan soal-soal HOTS.

"Terkait dengan pelaksanaan ujian, nanti kita akan bersinergi antara Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama. Karna dimasa pandemi saat ini kita harus benar-benar menyikapi kondisi," ujarnya.

Suwarno juga mengingatkan dua hal yang perlu menjadi perhatian bagi dunia pendidikan dalam kondisi pandemi ini, yakni kesehatan dan keselamatan untuk guru, siswa dan orang tua murid.

"Kemudian yang kedua adalah tumbuh kembang serta dampak phisikologis dalam pendidikan oleh karena itu penyusunan soal-soal HOTS ini insya Allah mampu menyikapi kondisi ini," tukasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama