Ini Empat Fokus Pembangunan di Kalsel

FORUM dibuka dengan laporan Kepala Bappeda, Nurul Fajar Desira, penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Prov Kalsel, Supian HK, serta arahan Pj Sekretaris Daerah Prov Kalsel, Roy Rizali Anwar.

“Adapun tema yang diambil pada RKPD Kalsel Tahun 2022 adalah Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sosial dengan Memperhatikan Lingkungan, terdiri dari 4 fokus pembangunan dan 6 prioritas daerah,” ucap Fajar.

Setelah itu, dalam sambutannya Roy Rizali Anwar mengatakan pada tahun 2022 pemerintah Kalsel dalam pembangunan akan fokus pada program RKPD yaitu pada bidang kesehatan, pendidikan, keterampilan, UMKM, investasi hilirisasi industri, pertanian, pariwisata, penanganan Covid-19 dan bencana banjir.

Melalui forum tersebut diharapkan semua jajaran dapat memberikan masukan dan saran penyempurnaan untuk menentukan penyusunan dan program kerja pemerintah daerah. 

“Diharapkan semua satuan perangkat daerah dapat benar-benar fokus untuk menyusun program rencana kerjanya masing-masing berdasarkan rencana RKPD tahun 2020,” kata Roy dalam sambutan secara virtual, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, tahun 2021 adalah tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel. Banyak yang telah tercapai dalam pembangunan 5 tahun tersebut. Karena program dan kegiatan yang diselenggarakan ini tidak lain melalui APBD. 

“Maka para pimpinan SKPD dapat mengevaluasi apakah pelaksanaan RPJMD Provinsi Kalsel tersebut telah mencapai sasaran yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, secara umum ada beberapa indikator penting pembangunan daerah yang telah mengalami peningkatan seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik dari 69,05 persen pada tahun 2016 menjadi 70,91 persen di tahun 2020. 

Selain IPM, ada indikator lainnya yang mengalami kenaikan seperti program revolusi hijau yang dijalankan secara konsisten selama 5 tahun juga mengangkat Indeks Kualitas Lingkungan hidup Kalsel dari 58,06 persen di tahun 2015 menjadi 61,9 persen di tahun 2020.[adv]


 
loading...

Posting Komentar

0 Komentar