Harimau Kuning Ditembak, Si Putih Masih Belum Ditemukan

Harimau Kuning Ditembak, Si Putih Masih Belum Ditemukan

SINGKAWANG, MK - Harimau yang terlepas di kebun binatang Singka Zoo di Kota Singkawang pada Jumat (5/2/2021) kemarin, berhasil dilumpuhkan penembak jitu dari Tim Gabungan TNI-Polri, Sabtu (6/2/2021) sekitar pukul 08.30 WIB.

Aksi melumpuhkan Harimau ini dipimpin Kapolres Singkawang, AKBP Prasetyo Adhi Wibowo SIK bersama Dandim 1202/TPR Singkawang, Letkol Inf Condro Edi Wibowo.

Harimau yang dilumpuhkan sebelumnya diduga kuat sempat menerkam seorang pawang hingga meninggal dunia. 

Menurut Prasetyo, untuk melumpuhkan Harimau itu pihaknya berkoodinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Ini agar petugas di lapangan bertugas sesuai prosedur, termasuk untuk menembak mati.

"Tim penembak jitu melepaskan tembakan ke hewan yang dilindungi, Harimau kuning yang lari pada Jumat kemarin," ucap Prasetyo.

Petugas gabungan di lapangan menemukan beberapa bangkai hewan, seperti burung unta yang dimangsa oleh Harimau.

"Hewan buas tersebut harus ditembak mati oleh petugas penembak jitu yang tak jauh dari kandangnya. Hal tersebut dilakukan dikarenakan Harimau tersebut sudah memiliki insting untuk menerkam dan sudah membunuh seorang pawang. Ini sangat membahayakan keselamatan tim petugas maupun masyarakat lainnya," paparnya.

Harimau kuning sudah dilumpuhkan oleh petugas gabungan. Sedangkan harimau yang berwarna putih masih belum ditemukan oleh Tim Gabungan.

Untuk itu, masyarakat diminta tetap waspada dan berhati-hati jika bepergian ke arah Pasir panjang dan Bajau.

"Benar, Harimau putih sudah dilumpuhkan dengan 4 tembakan bius ke tubuh Harimau putih, sekitar pukul 16.00 WIB," tutur seorang petugas kepada awak media.[martin/hefzie]


Lebih baru Lebih lama