VFA Palangka Raya Resmi Dibentuk

VFA Palangka Raya Resmi Dibentuk

PALANGKA RAYA, MK - Pecinta olahraga futsal di Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk meningkatkan kualitas futsal serta berbagai program latiham berjenjang. 

Pasalnya, di Kota Palangka Raya sudah didirikan atau dibentuk academy futsal yakni Vamos Futsal Academy (VFA) Palangka Raya. 

VFA kini resmi hadir di Kota Palangka Raya setelah mendapat mandat atau surat resmi dari managemen atau pengurus futsal Vamos Mataram di Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan latihan sebenarnya sudah dilaksanakan pada bulan Desember 2019, namun karena pandemi Covid-19 sehingga sistem program latihan harus bertahap dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan latihan sendiri dilaksanakan di GOR KONI, komplek Stadion olahraga Senaman Mantikei yang dilaksanakan saat ini satu minggu sekali, yakni di akhir pekan.

Salah satu pelatih VFA Palangka Raya yang juga sebagai manager, Coah Jeff Agung Perdana atau yang akrab disapa Coach Jeff menjelaskan, pihaknya sudah lama mendapat persetujuan lisan, namun surat resmi baru didapatkan karena melihat keseriusan dalam mengelola managemen academy vamos.

"Alhamdulillah, awalnya kami berkoordinasi dengan pihak managemen vamos, karena sudah banyak juga academy vamos berdiri. Kami ingin ada di Kalteng, terutama di Ibukota Provinsi dahulu, Alhamdulillah disetujui," ungkapnya.

Hampir dua bulan, lanjutnya, pihaknya melakukan promosi, kemudian membuat program latihan dan akhirnya melihat keseriusan hingga kemudian mendapatkan surat resmi. 

"Kita beruntung ada academy futsal vamos ini, karena mengacu kepada club futsal profesional dengan managemen yang sudah matang," katanya usai menggelar latihan, Sabtu (6/2/2021). 

Pria yang juga Dosen PJKR FKIP di Universitas Palangka Raya yang memiliki lisensi pelatih level 1 nasional ini juga berkolaborasi dengan pelatih lokal dalam membuat program latihan para pemain dengan katagori usia. 

Ada tiga orang pelatih yakni Coach Muhamad Zein, Coach Muhamad Anwar dan Coach Arif Mulyono, dengan sistem latihan mata pelajaran dengan katagori kelas U-12, U-16, U-20 dan kelas Putri usia dini. 

"Harapan kami sederhana, kami ingin futsal berkembang di Palangka Raya, Kalteng, dan Futsal Vamos Academy ini diharapkan mampu mencetak bibit unggul atlet olahraga futsal masa depan Kalteng, bahkan angan-angan kedepanya bisa masuk PON atau ke club profesional. Perkembangan futsal juga dapat meningkat di wilayah Kalteng, terutama di Palangka Raya. Untuk itu kami siapkan sejak usia dini untuk masa depan olahraga Kalteng lebih baik lagi, terutama futsal," ucap pria yang pernah melatih mahasiswa UGM dan UN Solo ini.

Pria yang juga pelatih futsal UPR itu mengaku, sudah memiliki anak asuh sebanyak 53 orang peserta, dimana dalam sistem latihan sudah diatur setiap pelatih memberikan menu program di usia kelas masing-masing, dengan menunjuk Coach Zein sebagai pelatih kepala academy. 

"Kami berupaya terbaik untuk olahraga futsal di Kalteng. Pelan-pelan kami mengajak anak muda, masyarakat untuk meningkatkan latihan futsal untuk masa depam olahraga di Kalteng lebih baik lagi," ujar pria kelahiran Pangkalanbun itu.

Diketahui, VFA itu terilhami dari Vamos Mataram Futsal Club yang merupakan sebuah klub futsal Indonesia berdiri tahun 2012 yang bermarkas di Kota Mataram.

Klub itu, tambahnya, meraih tiga kali gelar juara pada kompetisi Liga Futsal Profesional Indonesia pada tahun 2017, 2018 dan 2019. 

"Vamos menjadi satu-satunya klub futsal profesional yang sudah mempunyai akademi di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya hadir di Kota Palangka Raya. Untuk sementara di Kalimantan, Vamos Academy Futsal pertama di Palangka Raya," tandasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama