Gubernur Inginkan Ekonomi di Kalteng Tetap Berjalan dengan Baik

Gubernur Inginkan Ekonomi di Kalteng Tetap Berjalan dengan Baik

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengatakan perlu kerja keras menghadapi pandemi Covid-19 agar ekonomi di Kalteng tetap berjalan dengan baik.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (22/2/2021).

"Kunjungan kali ini untuk melihat secara langsung perkembangan infrastruktur di daerah Barat, khususnya peternakan sapi dan daerah-daerah lainnya dalam rangka mendukung program Food Estate di Kalteng," ucapnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut juga mengutarakan, saat Menteri Pertanian dan jajaran melakukan peninjauan di Sukamara Ranch beberapa waktu yang lalu, rencananya akan dilakukan ekspor Sapi ke Jakarta.

"Permintaan 10 ribu ekor," imbuhnya.

Ia juga mengatakan akan meninjau Pelabuhan di daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang rencananya akan digunakan untuk mengirim sapi.

"Kita harus bersyukur Kalteng ditempatkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), pengembangan Food Estate," harapnya.

Food estate, lanjutnya, sebagai desain pertanian moderen nasional masa depan dan merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di suatu kawasan luas yang terdiri dari beberapa klaster bidang pertanian dan peternakan. 

Selain itu, tambahnya, di Kalteng juga ditempatkan sebagai Cadangan Pangan Strategis lahan singkong.

"Semua ini harus kita jawab dengan kinerja, tanggung jawab. Melalui program Food Estate ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalteng juga meningkat," tukasnya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama