Tagana Balangan Bangun Dapur Umum di 2 Desa Terdampak Banjir

Tagana Balangan Bangun Dapur Umum di 2 Desa Terdampak Banjir

PARINGIN, MK - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Balangan mendirikan dapur umum lapangan bagi korban banjir di 2 Desa Pimping dan Tanah Habang Kiri, Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan, Selasa (19/1/2021).

Dapur umum lapangan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi korban terdampak banjir di Desa Pimping dan Tanah Habang Kiri.

Ketua Forum Tagana Balangan Fahrizal mengatakan, tujuan didirikannya dapur umum lapangan  tersebut guna memenuhi kebutuhan makanan bagi warga di dua desa terdampak banjir sekitar 600 jiwa.

"Sebelum mendirikan dapur umum lapangan, terlebih dahulu kami melakukan survei ke lokasi dan konsultasi bersama kepala desa dan kemudian kami sarankan untuk buka dapur umum," ujarnya.

Karena Desa Pimping dan Desa Tanah Habang Kiri yang pihaknya  terima informasi adalah wilayah terakhir yang digenangi banjir di Kecamatan Lampihong.

"Kita menyediakan sebanyak 600 porsi setiap kali makan, dalam sehari ada tiga kali yakni pagi, siang dan malam. Untuk seluruh masakan kita sebarkan ke warga yang terdampak langsung," tuturnya.

Semantara mobil dapur umum lapangan tersebut pengoperasian hingga batas situasi banjir aman dan masyarakat beraktivitas seperti biasa, baru dihentikan.

Dalam kesempatan Kepala Desa, Pimping Abdul Gani menyampaikan ungkapan terima kasih bagi pihak yang terlibat dalam membantu warganya yang terdampak banjir di Desa Pimping.

"Selama ini sudah lima hari terndam banjir dan sekitar 80 persen  warga desa Pimping terdampak banjir, untuk warga sebagai sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Sementara kondisi banjir sendiri sudah mengalami penurunan, namun lambat," pungkasnya.[agus]

Lebih baru Lebih lama