Kesbangpol Kotabaru Salurkan Bantuan APD ke Ponpes

Kesbangpol Kotabaru Salurkan Bantuan APD ke Ponpes

KOTABARU, MK - Tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, membuat pemerintah terus bergerak untuk melakukan pencegahan.

Ini penting untuk menekan meluasnya penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Untuk itu, Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri RI melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muslimun, Senin (11/1/2021).

Kepala Badan Kesbangpol Kotabaru, H Adi Sutomo mengatakan, pandemi Covid-19 ini bukanlah kutukan untuk Indonesia akan tetapi semua negara mengalaminya. 

"Jadi tidak benar kalau ada anggapan seperti itu," tegasnya.

Sutomo menjelaskan, anggapan itu tidak benar karena semua negara mengalami Covid-19. Dengan demikian semua harus disiplin protokol kesehatan untuk mengantisipasinya.

Ia juga mengingatkan agar para santri belajar sungguh-sungguh dan menjadi penerus Islam ke depannya. Tentunya tetap menjaga dari ajaran yang menyimpang.

Menurutnya, tujuan pembagian APD ini untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Kotabaru. Juga agar semua bisa cepat kembali melakukan kegiatan seperti biasa, dengan tetap memperhatikan kedisplinan pengajar dan murid.

"Untuk memperhatikan prokes dengan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," terangnya.

Saat ini bantuan APD diberikan kepada Ponpes Al Muslimun Mandin Kecamatan Pulau Laut Utara. Kemudian menyusul pesantren yang ada di Kecamatan Kelumpang Hulu.

Bantuan APD tersebut berupa hand sanitizer 100 ml 400 pcs, vitamin C 60 pcs, masker kain 1400 pcs, tangki dan tablet disinfektan masing-masing 5 pcs.

"Bantuan APD yang kita berikan kepada pondok pesantren ini, karena tempat ini ada mesjid dan juga untuk para santri, jadi ini sangat rentan timbulnya kluster baru," tuturnya.

Sementara itu, pengurus Ponpes Al Muslimin Mandin, KH Abu Bakar Sidiq mengucapkan terima kasih atas bantuan APD. Ini agar anak-anak santri bisa belajar dengan aman, tenang dan nantinya akan ada bantuan lainnya.

"Mudah-mudahan dengan bantuan yang diberikan ini bukan hanya kali ini saja, akan tetapi akan terus berkelanjutan," ungkapnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama