Dikawal Ketat, 3.080 Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Kotabaru

Dikawal Ketat, 3.080 Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Kotabaru

KOTABARU, MK - Tiba di Kabupaten Kotabaru, vaksin Covid-19 bernama Sinovac ke Kotabaru langsung dibawa ke bagian Instalasi Farmasi di Jalan Kenanga, Desa Dirgahayu, Kecamatan Pulau Laut Utara, Selasa (26/1/2021).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotabaru, Hj Ernawati mangatakan, jumlah vaksin Sinovac yang diterima di Kotabaru berjumlah 3.080 yang dimuat ke dalam dua boks.

"Boks pertama jumlahnya 1.120 dengan suhu 2,7 derajat, sedangkan untuk boks kedua 1.960 dengan suhu 2,6 derajat, jadi totalnya 3.080," ungkapnya.

Menurut Ernawati, untuk vaksinasi di Kotabaru, sesuai dengan arahan Kementrian Kesehatan akan dilakukan pada Februari.

"Untuk tanggalnya kita akan menunggu informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi ataupun petunjuk dari pusat. Yang jelas vaksin sudah di Kotabaru dan akan secepatnya didistribusikan ke 28 Puskesmas dari 22 kecamatan sesuai dengan hasil rapat di Oprerarion Room kemarin," katanya.

Dipaparkan Ernawati lebih jauh, vaksinasi ini akan di priotitaskan terlebih dahulu untuk garda terdepan, yaitu tenaga kesehatan sesuai dengan anjuran dari pemerintah.

"Jadi ada sebanyak 1.477 tenaga kesehatan yang sudah memiliki E tiket Vaksin dari 1809 data yang diajukan ke Kementrian. Dan mereka nantinya divaksin sebanyak 2 kali penyuntikan. Untuk kelebihan vaksinnya akan kami kembalikan ke Dinas Provinsi," terang Ernawati.

Ernawati mengimbau masyarakat di Kotabaru untuk tetap menerapkkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Vaksin ini bukan obat, tetapi untuk membentuk kekebalan dalam diri seseorang. Ingat pesan Ibu, yaitu 3M," tutupnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama