Warga Tarusan Harapkan Listrik Desa Kembali Diberdayakan

Warga Tarusan Harapkan Listrik Desa Kembali Diberdayakan

BUNTOK, MK - Warga Desa Tarusan Kecamatan Dusun Utara (Dusut) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah menaruh harapan penuh kepada Pemerintah Desanya agar dapat kembali mengelola mesin listrik diesel yang selama ini terkesan mati suri.

Informasi yang diterima awak media ini, dari sejumlah warga setempat menyebutkan bahwa tidak kurang dari satu tahun terakhir ini warga setempat tidak lagi mendapat penerangan listrik melalui pengelolaan Pemerintah Desa itu.

"Seingat kami, sejak akhir tahun 2019 lalu hingga di ujung tahun 2020 ini mesin listrik Desa Tarusan tidak beroperasi," ujar warga yang enggan disebutkan namanya didampingi dua rekannya yang mengaku warga Desa Tarusan kepada sejumlah wartawan di Buntok, Sabtu (26/12/2020).

Ia menguraikan, sebagai masyarakat biasa tentunya tidak bisa mengetahui persis penyebab mesin listrik yang dimiliki Pemerintah Desa tidak dapat dioperasikan untuk memberikan  pelayanan penerangan kepada masyarakat. 

"Pemerintah Desa lain kok bisa, kenapa desa kami tidak bisa. Sementara, Dana Desa (DD) yang dikucurkan Pemerintah Pusat itu tentunya memiliki tujuan agar dapat dipergunakan tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat dan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ulasnya panjang lebar.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum terkait
dengan lambannya kemajuan pembangunan di Desa Tarusan.

"Kami memang tidak menyalahkan siapa-siapa, akan tetapi sebagai warga Desa yang cinta pada tanah kelahirannya tentunya kami mempunyai hak untuk menuntut dan berharap agar Desa kami bisa maju seperti desa lain," tegasnya.

Sementara itu, aparat Desa Tarusan sempat berulang kali dihubungi awak media ini, baik via telepon maupun pesan berbalas namun belum mendapat jawaban hingga berita ini ditayangkan.[laily]

Lebih baru Lebih lama