BPBD Pulang Pisau Imbau Warga Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

BPBD Pulang Pisau Imbau Warga Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

PULANG PISAU, MK - Memasuki musim penghujan Desember tahun 2020 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau mengingatkan seluruh lapisan masyarakat agar berhati-hati terhadap cuaca ekstrem yang mungkin menyebabkan terjadinya bencana alam, seperti banjir dan puting beliung.

Itu disampaikan Kalaksa BPBD Pulang Pisau, Salahudin, saat dikonfirmasi awak media metrokalimantan.com, Sabtu (26/12/2020) via selulernya.

"Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan, jadi kita harapkan agar warga terus berhati-hati terhadap cuaca buruk yang berpotensi menyebabkan bencana alam," ucapnya.

Menurut Salahudin, bencana alam yang terjadi akibat cuaca ektrem biasanya seperti banjir rob untuk wilayah pesisir laut, angin puting beliung dan banjir tahunan yang disebabkan intensitas hujan cukup tinggi.

Oleh karena itu, lanjutnya, BPBD Pulang Pisau kembali mengingatkan agar tetap waspada terhadap kondisi alam saat ini, khususnya bagi warga yang berlibur ke lokasi pesisir atau ke pantai untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

"Di Pulang Pisau sendiri sedikitnya ada tiga kecamatan yang rawan banjir, yakni Kecamatan Kahayan Tengah, Banama Tingang dan Kahayan Kuala. Biasa untuk Kahayan Tengah dan Banama Tingang banjir tahunan akibat insentitas hujan tinggi, dan untuk Kahayan Kuala kerap terjadi banjir rob akibat peningkatan permukaan air laut," terangnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama