Tinjau Progres Food Estate, Mentan kembali ke Kalteng

Tinjau Progres Food Estate, Mentan kembali ke Kalteng

PULANG PISAU, MK - Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya di wilayah ketahanan pangan nasional atau Food Estate.

Kunker tersebut tidak lain dalam rangka untuk meninjau progres pelaksanaan program Food Estate di 2 kabupaten di Kalteng, yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kuala Kapuas, Rabu (16/12/2020).

Dalam kunker nya Mentan RI didampingi sejumlah Pejabat Eselon I Kementan RI, antara lain Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Suwandi, Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono, dan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Nasrullah, serta Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy. 

Pada sesi wawancara dengan awak media usai peninjauan, Mentan RI mengaku optimis setelah melihat langsung perkembangan pengolahan lahan Food Estate, baik di Kuala Kapuas maupun  Pulang Pisau.

"Hasil dari pantauan kita progresnya cukup bagus, dan pemerintah fokus pada program ini. Jadi, semua sistem pengolahannya diharapkan akhir Desember sudah selesai, dan awal-awal Januari sudah dimulai penanaman," ucap Mentan.

Kemudian pada kesempatan tersebut, dirinya juga kembali menjelaskan bahwa Program Food Estate di Kalteng, baik di Kapuas maupun di Pulang Pisau, merupakan proyek percontohan Nasional, sebagaimana arahan Presiden.

"Program ini dipersiapkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, diantaranya dengan pengembangan berbagai komoditas, mekanisasi, pemberdayaan para petani, dan juga industri pengolahannya," terangnya.

Mentan menambahkan, pada dasarnya bagian kekuatan pada program Food Estate ini datang dari masyarakat di wilayah setempat. Artinya,  harus Off Farmnya.

"Baik industri pengolahannya, RMU misalnya, meningkatkan pada industri-industri yang mampu dipasarkan, baik secara marketplace, pasar tradisional, maupun tentu saja kita berharap kita juga bisa ekspor," pungkas Mentan Syahrul Yasin Limpo. 

Sementara, peninjauan yang dilakukan Mentan bersama rombongan untuk Kabupaten Kuala Kapuas di Desa Bentuk Jaya.

Sedangkan, di Kabupaten Pulang Pisau pihaknya kembali meninjau progres program Center of Excellence (Pusat Keunggulan) Food Estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu.[manan]


Lebih baru Lebih lama