Rapat Pleno, Sugi-Edy Unggul di Angka 51 Persen Lebih

Rapat Pleno, Sugi-Edy Unggul di Angka 51 Persen Lebih

PULANG PISAU, MK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan seluruh tahapan rekapitulasi penghitungan suara hasil Pilkada, Pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur tahun 2020, mulai tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi di salah satu hotel berbintang di Kota Palangka Raya, Jumat (18/12/2020). 

Rapat pleno dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, H Harmain dihadiri seluruh Ketua KPU kabupaten/kota se- Kalimantan Tengah.

"Kita bersyukur tahapan demi tahapan di Pilgu Kalteng ini berjalan lancar, aman dan sukses. Seluruh kegiatan dapat dirampungkan dengan pengawasan dari Bawaslu serta masing-masing tim paslon dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian," ucap Harmain kepada awak media metrokalimantan.com.

Masing-masing Paslon pada hasil akhir penghitungan tersebut memperoleh suara dari pemilih di 14 kabupateb/kota se-Kalteng.

Untuk Paslon urut 1 Ben Brahim- Ujang Iskandar mendapatkan suara sebanyak 502,800 atau  48,40 persen, sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 Sugianto Sabran-Edy Pratowo, mendapat suara sebanyak 536,128 atau 51,60 persen.

"Angka tersebut diperoleh dari total suara pemilih syah sebanyak 1.038.928 suara. Dari hasil pleno ini maka dipastikan Paslon Sugi-Edy akan terpilih kembali untuk memimpin Kalteng 5 tahun kedepan namun hal tersebut masih menunggu pleno penetapan pememang dalam pilkada Kalteng 2020," terang Harmain.

Sementara, kemenangan Paslon Sugi-Edy ini sudah dinyatakan sejumlah lembaga survei kredibel dalam memberikan warna mengikuti penghitungan cepat atau Quick Count. 

Hasil Pilgub ini semuanya terjawab, setelah penghitungan rekapitulasi KPU menyatakan Paslon urut 2 (Sugi-Edy) unggul di angka 51 persen lebih.[manan]

Lebih baru Lebih lama