Di Pengujung 2020 Pemkab Balangan Terima Penghargaan IGA dari Mendagri

Di Pengujung 2020 Pemkab Balangan Terima Penghargaan IGA dari Mendagri

PARINGIN, MK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan untuk pertama kalinya dinobatkan sebagai, Kabupaten terinovatif tingkat nasional di acara Innovation Government Award (IGA). 

Event ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri, Jumat (18/12/2020) di Jakarta.

Penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Balangan ini merupakan, penilaian yang setiap tahun dilakukan untuk mendorong daya saing dan daya guna di daerah menuju masyarakat yang maju dan sejahtera.

"Kali pertamanya di tahun ini Kabupaten Balangan berhasil meraih predikat terinovatif dalam hal capaian indeks inovasi daerah Tahun 2020," ungkap Reki Hardianto Saputra, Kasubid inovasi dan Teknologi Balitbangda Pemkab Balangan.

Bahkan, tambah Reki, Balitbangda  Balangan yang menjadi leading sektor sejak awal tahun 2020 segera melakukan langka-langkah strategis untuk pemenuhan data indeks inovasi daerah di antaranya membangun koordinasi, sinkronisasi dan jejaring ke Kementrian terkait, Balitbangda Provinsi Kalsel, Kabupaten/kota rujukan dan seluruh OPD di Balangan.

"Yang tidak kalah pentingnya membangun sistem penjaringan inovasi daerah terpadu dan didukung aplikasi isian indeks inovasi daerah sehingga admin inovasi OPD dapat mengakses dan mengelola data secara daring. Cara ini dirasakan menjadi solusi kerja yang efektif, efisien dan aman terutama di masa pandemi Covid-19," tuturnya.

Puncaknya hasil validasi penilaian indeks inovasi daerah yang diakses melalui portal resmi penilaian BPP Kemendagri pada bulan November 2020 lalu Balangan mencetak skoring 1.616 dari 18 karya inovasi daerah yang bersumber dari OPD yang telah memenuhi kriteria. 

"Tentu ini capaian yg positif bagi daerah untuk meningkatkan tata kelola dan pelayanan publik melalui peranan inovatif perangkat daerah, DPRD, ASN, desa dan masyarakat," kata Reki.

Semantara itu, Kepala Balitbangda Balangan Aidinnor sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak yang berkontribusi terhadap capaian ini. Ini merupakan keberhasilan seluruh perangkat daerah dan masyarakat Balangan. 

"Dengan sinergitas dan kerja keras bersama ke depan kita bisa meningkatkan dan menciptkan banyak inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi tata kelola pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik dalam rangka percepatan dan akselerasi pembangunan di daerah," katanya.

Selain itu, Bupati Balangan, H Anshruddin juga mengatakan, dengan mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten terinovatif tingkat nasional dari Kementrian Dalam Negeri RI ini merupakan bukti kinerja pemerintahan sangat baik.

"Alhamdulillah, Balangan di segala bidang selalu mendapatkan penghargaan, ini bukti kinerja pemerintahan sangat baik, termasuk hari ini kita mendapatkan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri," tuturnya.

Ia berharap kepada Bupati terpilih bisa lebih baik dan mampu membawa kemaju bagi Balangan. "Paling tidak bisa mempertahankan apa yang diraih Kabupaten Balangan," pungkasnya.[agus]
Lebih baru Lebih lama